Pemalas! Beberapa Hewan Memiliki Jam Tidur yang Panjang, Berikut Deretan Jenisnya

Kamis 20-06-2024,22:32 WIB
Reporter : Taufiq Urohman
Editor : Taufiq Urohman

RADARKUNINGAN.COM - Seperti manusia, hewan juga membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya, sehingga membantu untuk pertumbuhan dan regenerasi tubuhnya.

Setiap hewan pada dasarnya beristirahat, meskipun cara dan lama waktu mereka tidur berbeda-beda.

Kebutuhan hidup dasar dan adaptasi lingkungan memungkinkan dan mendorong berbagai hewan ini untuk mengembangkan kebiasaan tidur unik mereka masing-masing.

Setiap hewan berbeda-beda jam tidurnya, tergantung pada lingkungan dan metabolisme masing-masing spesies, kebiasaan tidur sendiri dapat berkisar sangat singkat adapun ada yang bisa sepanjang hari. Tergantung spesies, dan lingkungannya.

Berikut merupakan deretan hewan yang menghabiskan waktu tidurnya paling lama setiap harinya:

1. Monyet malam 

Monyet malam atau sering dipanggil monyet burung hantu ini dapat tidur hingga 17 jam per hari. Seperti namanya mata besar hewan ini memberikan penglihatan malam yang sangat baik.

2. Sloth atau Kungkang

Sloth atau kungkang adalah jenis hewan yang sama. Sloth merupakan namanya dalam bahasa Inggris, sedangkan kungkang adalah namanya dalam bahasa Indonesia. Hewan ini dapat tidur selama 15 sampai dengan 20 jam setiap harinya.

3. Piton 

Siapa sangka hewan melata ini termasuk jam tidurnya sangat lama. Spesies ular yang besar ini dapat tidur sekitar 18 jam per hari. Tetapi karena mereka tidur dengan mata terbuka, sulit untuk membedakan kapan mereka tertidur atau hanya sekedar beristirahat.

4. Koala

Hewan yang lucu dan khas Australia ini juga mempunyai waktu tidur yang sangat lama. Koala dapat menghabiskan waktu hingga 20 jam setiap harinya untuk berdiam diri dan tidur. Hewan ini gemar menghabiskan waktunya dengan berada di atas pohon untuk bersantai-santai dan tidur.

5. Tikus pohon 

Tikus pohon merupakan mamalia kecil yang berasal dari hutan. Hewan ini biasanya hidup di daerah tropis seperti di Asia Selatan dan Tenggara. Hewan ini bisa menghabiskan waktunya selama 15-16 jam setiap harinya untuk tidur.

Kategori :