Tidak Sampai 30 Miliar! Biaya Sidang CAS Maarten Paes Tidak Dipungut Biaya, Apakah Ini Peluang Baru?

Sabtu 06-07-2024,11:07 WIB
Reporter : Rafly Wahyu
Editor : Rafly Wahyu

RADARKUNINGAN.COM - Kabar baik, ternyata biaya sidang Maarten Paes tidak dipungut biaya yang besar, bahkan tidak sampai 30 miliar seperti yang diberitakan dan dibicarakan.

Sebelumnya memang ada informasi bahwa biaya sidang Maarten Paes di Court of Arbitration for Sport atau CAS, bisa tembus hingga Rp30 Miliar, bahkan biaya tersebut belum termasuk pengacara dan ongkos.

Akan tetapi, setelah ditelusuri lebih lanjut dari FAQ yang ada di situs resmi CAS, seperti yang dikutip oleh radarkuningan.com, Jumat, 5 Juli 2024. Ternyata dari situ didapati bahwa biaya sidang di CAS, tidak sampai 30 Miliar. 

"Prosedur biasa melibatkan pembayaran biaya dan honorarium arbiter yang relatif rendah, dihitung berdasarkan skala biaya tetap, ditambah sebagian biaya CAS" dikutip dari laman resmi CAS. 

BACA JUGA:Maling Motor di Sangkanhurip Kuningan Jadi Bulan-bulanan Warga

"Kasus disiplin yang bersifat internasional yang diputuskan dalam banding tidak dipungut biaya, kecuali biaya awal Kantor Pengadilan sebesar CHF 1000." masih dari sumber yang sama, yaitu laman resmi CAS. 

Sebagai informasi jika CHF 1000 dikonversi kedalam bentuk Rupiah maka akan menjadi hasil Rp 18.128.664.49. (kurs Rupiah ke CHF kurang lebih 18.000). Ini merupakan biaya awal untuk kantor pengadilan CAS. 

Kasus yang menyangkut Maarten Paes bisa masuk kategori Disiplin Internasional, lantaran dirinya hanya telat umur saja untuk pindah di federasi sebelumnya sesudah dirinya membela Belanda U21, yang tertunda akibat covid-19.

Maka, untuk kesimpulannya adalah biaya sebesar Rp 18 Juta seperti yang disebut diatas, merupakan biaya tetap dan harus dikeluarkan, jadi biaya Maarten Paes hanya sebesar 18 Juta saja dan bukan 30 Miliar. 

BACA JUGA:Usai Dibantai Timnas Indonesia U-16 5-0, Media Vietnam Sadar Roda Berputar, Kini Sebut Jadi Bulan-Bulanan

Exco PSSI, Arya Sinulingga juga menepis tentang rumor biaya sidang Maarten Paes yang tembus hingga 30 Miliar di CAS, menurutnya ini tak masuk akal dan logika. 

"Kalau terbentur biaya sedari awal, kami sudah tau masalahnya. Tak mungkin akan dimasukkan sebagai WNI karena biaya. Kami stop sedari awal jika menggunakan logika itu." Tegas Arya.

Jadi, jika merujuk informasi dari FAQ dari laman resmi CAS, maka kasus sidang di meja arbitrase, memang tak dipungut biaya, hanya mungkin dipungut biaya jika untuk membuka sidang awal, yang merupakan biaya awal pengadilan. 

Dan, masuk akal jika Maarten Paes bisa dikategorikan sebagai masalah arbiter terkait Disiplin Internasional, karena ini menyangkut perpindahan federasi, akan tetapi hanya tertunda oleh kejadian diluar perkiraan.

BACA JUGA:Pohon Tumbang di Jalan Raya Sumber - Cirebon, Akses Lalu Lintas Terganggu

Kategori :