Ternyata Ini Fakta Dibalik Video Viral Orang Utan Raksasa Masuk Pemukiman Warga, Hanya Ilusi Kamera?

Jumat 12-07-2024,12:00 WIB
Reporter : Erlangga Auliyan
Editor : Erlangga Auliyan

RADARKUNINGAN.COM - Sebuah video yang diunggah di jagat media sosial pada tanggal 7 Juli 2024, mendadak viral karena menunjukkan seekor Orang Utan raksasa masuk pemukiman warga. 

Video viral yang diduga di ambil di Kalimantan Timur ini menjadi perbincangan warganet. Bagaimana tidak? Fenomena semacam ini sangat jarang terjadi. 

Rekaman tersebut menunjukkan seekor orang utan raksasa masuk pemukiman warga. Dalam video tersebut, orang utan setinggi rumah tersebut terlihat tengah menghampiri salah satu rumah warga. 

Kejadian yang diunggah ke media sosial ini tentunya menjadi viral dengan cepat. Banyak orang mengaitkan kejadian ini dengan hilangnya habitat orang utan di alam. 

Tidak sedikit juga orang yang mempertanyakan tentang keaslian video viral tersebut. Hal ini dikarenakan ukuran yang tidak masuk akal dari orang utan ini. 

BACA JUGA:Warganet Dibuat Heboh Dengan Video Orang Utan Raksasa Berukuran Sebesar Rumah, Benarkah? Cek Faktanya Disini!

Video berdurasi 37 detik itu membuat geger media sosial.

Kemunculan orang utan raksasa yang memasuki pemukiman warga ini diduga terjadi di Kalimantan Timur. 

Terlihat dalam video viral tersebut, seekor orang utan tengah bergelantungan di dahan pohon. Sesaat setelah itu mulai terlihat ukuran orang utan tersebut yang diduga setinggi rumah. 

Orang utan setinggi rumah tersebut disebutkan karena wujud fisik dari orang utan yang terlihat dari kamera. Ukuran sangat besar, dan sekilas terlihat orang utan raksasa masuk pemukiman warga.

BACA JUGA:3 Hewan Pengusir Hama Ini Bisa Kamu Pelihara Untuk Menjaga Pola Hidup Sehat, Apa Saja? Ini Informasinya

Berbagai reaksi akhirnya mulai bermunculan terkait dengan video ini. Seperti mengapa orang utan bisa ada di pemukiman warga, hingga mempertanyakan ukuran dari orang utan raksasa tersebut. 

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur sendiri sudah memberikan tanggapan untuk video viral ini. Mengutip penjelasan Kepala BKSDA Kalimantan Timur Ari Wibawanto dalam video pendek dari kanal YouTube "Tempo", menyatakan jika ukuran orang utan raksasa tersebut dipengaruhi sudut pengambilan video.

Jadi sudut yang diambil dari bawah, seolah-olah memperlihatkan ukurang orang utan raksasa tersebut menjadi besar. Padahal, memang orang utan tersebut tengah berada di dataran yang lebih tinggi dari rumah. 

Disamping hal tersebut, habitat orang utan yang semakin menipis menjadi penyebab dari viralnya orang utan raksasa masuk rumah warga ini.

Kategori :