Tidak Jadi ke CAS, Nasib Maarten Paes Resmi Diadili FIFA Pada 15 Agustus Nanti! Apakah Menjanjikan?

Jumat 02-08-2024,14:10 WIB
Reporter : Andhika S
Editor : Andhika S

RADARKUNINGAN.COM - Setelah tidak mendapatkan kabar yang pasti, akhirnya pada tanggal 31 Juli 2024 kemarin, PSSI mengumumkan kabar terbaru terkait perkembangan Maarten Paes.

Kabar yang didapat dari Sekjen PSSI yakni Yunus Nusi ini, mengatakan pada pers bahwa Maarten Vincent Paes masih memiliki kesempatan untuk berlaga dengan Timnas Indonesia.

Dimana kesempatan tersebut adalah dengan menghadiri Sidang FIFA yang akan dihelat pada tanggal 15 Agustus 2024 yang akan datang.

Seperti yang kita ketahui, Maarten Paes yang merupakan kiper dari klub FC Dallas dan bermain di Major League Soccer memang sangat diincar untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia nanti.

BACA JUGA:Jalur FIFA Jadi Alternatif Maarten Paes Segera Membela Timnas di Kualifikasi Piala Dunia Mendatang

Karena seperti yang sudah terbuktikan sendiri, performa penjaga gawang Rising Star ini sedang meroket secara drastis.

Oleh karena itu, mendatangkan Maarten Paes sebagai salah satu roster Skuad Timnas tentu akan memperbesar peluang Indonesia untuk lolos babak kualifikasi Piala Dunia.

Nah, untuk membuat Paes bisa bermain untuk timnas Indonesia, ia perlu menjalani proses naturalisasi yang untungnya telah berhasil dilaksanakan, sehingga ia sudah resmi menjadi WNI pada 30 April kemarin.

Tapi masalahnya, setelah Paes resmi menjadi WNI, pihak FIFA ternyata menolak Maarten Paes agar berpindah federasi dari KNVB ke PSSI.

BACA JUGA:Tidak Sampai ke CAS, Nasib Maarten Paes akan Segera Ditentukan FIFA, Sidang Digelar Tanggal 15 Agustus 2024

Dimana penolakan tersebut didasari statuta FIFA pasal 9 ayat 2b butir iii, yang menyebutkan bahwa 'Pemain yang sudah bermain dengan timnas ketika berusia lebih dari 21 tahun, sangat DITEKANKAN untuk tidak melakukan perpindahan federasi."

Untuk itu, Paes-pun disebut-sebut perlu melakukan sidang arbitrase melalui CAS(Court of Arbtiration for Sports), agar ia dapat mendapatkan ijin perpindahan federasi.

Namun, hingga sekarang nama Maarten masih absen dalam List of Hearing CAS atau jadwal sidangnya.

Ternyata melalui video yang diunggah oleh Exco PSSI yakni Arya Sinulingga, kita akhirnya mendapat kejelasan mengapa nama Paes masih tidak muncul dalam jadwal sidang tersebut.

BACA JUGA:Tidak Perlu ke CAS! FIFA Umumkan Nasib Maarten Paes Tanggal 18 Agustus Mendatang

Kategori :