Ciro Alves Punya Peluang Dipanggil STY Buat Kualifikasi Piala Dunia? Faktor ini Bisa jadi Kunci!

Rabu 14-08-2024,04:36 WIB
Reporter : Rafly Wahyu
Editor : Rafly Wahyu

RADARKUNINGAN.COM - Klub Persib Bandung menjadi sorotan usai salah seorang pemain sayap sekaligus penyerang bisa tampil secara all out pada laga pembuka Liga 1 2024/2025.

Nama pemain tersebut adalah Ciro Alves, ia merupakan pemain yang selalu menjadi pilihan utama bagi coach Bojan Hodak dalam susunan starter tim kesebelasan di lini depan.

Timnas Indonesia yang diasuh oleh Shin Tae-yong juga kebetulan sekali sedang mencari amunisi tambahan untuk lini serang yang akan diterjunkan pada round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pemain 35 tahun ini rupanya berpotensi dipanggil oleh coach STY jika dibutuhkan pada putaran ketiga Kualifikasi Pildun nanti, ada salah satu faktor yang bisa jadi kunci, simak selengkapnya disini.

BACA JUGA:Orang Dalam No More! Nova Arianto Pastikan Tidak Ada Pemain Titipan Di Timnas Indonesia U-16, Cek Fakta

Rekam jejak Ciro Alves bersama Persib Bandung bisa dibilang sangat mulus semenjak ia pertama kali menginjakkan kaki di Stadion Si Jalak Harupat pada musim 2022 silam.

Tercatat menurut Transfermarkt, pemain asal Brasil ini pertama kali merumput di Liga 1 Indonesia saat ia menjadi pemain di klub TR Kabo atau Persikabo 1973 pada tahun 2019.

Dari 2019 hingga akhirnya di tahun 2022 ia diboyong untuk dijadikan pemain anyar Maung Bandung, terhitung dari 2022 hingga 2024 ini, performa Ciro selalu apik dan tajam.

Yang berarti jika dilihat dari timeline atau garis waktu semenjak pemain kelahiran 1989 ini berkarir di Liga 1 Indonesia, artinya dia sudah 5 tahun berada di Indonesia dari tahun 2019 sampai 2024.

BACA JUGA:Bila Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-Yong Kembali Mencetak 2 Sejarah Baru! Apa Saja?

Jika mengacu pada aturan naturalisasi yang dikeluarkan oleh PSSI, sang pemain bisa mendapatkan kewarganegaraan WNI jika memiliki garis keturunan Indonesia yang jelas.

Garis keturunan tersebut mengacu dari beberapa generasi sebelumnya, dan tidak sampai ke lima generasi diatasnya, karena hal tersebut dianggap tidak sah, sesuai aturan pusat dari FIFA. 

Ciro memiliki garis keturunan yang sama sekali tak ada unsur Indonesia-nya, ia sendiri merupakan warga Brasil tulen dan lahir disana dengan orang tua yang berasal dari daerah Amerika Latin pula.

Jika mengacu aturan garis keturunan, maka winger Persib Bandung ini tak mungkin bisa mendapatkan gelar WNI via jalur naturalisasi, akan tetapi rupanya masih ada faktor lain yang bisa jadi peluang. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Sebut Training Center PSSI di IKN Sudah Bisa Dipakai Timnas Indonesia Bulan Depan

Kategori :