Dukung Penurunan Angka Stunting, Ini Program KKM UMC di Desa Leuwidingding

Rabu 04-09-2024,13:00 WIB
Reporter : Nur Halizah
Editor : Asep Kurnia

RADARKUNINGAN - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Leuwidingding, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Salah satu program yang tengah dilakukan Mahasiswa UMC di desa tersebut, adalah menekan angka stunting di kalangan warga.

Masalah stunting masih menjadi perhatian serius di Indonesia. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi yang dapat berdampak buruk pada perkembangan fisik dan kognitif anak. 

Untuk mengatasi masalah ini, berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya adalah Program Kuliah Kerja Mahasiswa yang dilakukan oleh mahasiswa UMC.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Alasan STY Banyak Gunakan Pemain Muda di Timnas Indonesia

Lewat kegiatan KKM, para mahasiswa UMC fokus pada upaya penurunan angka stunting di Desa Leuwidingding. Sebagai langkah nyata, berikut ini beberapa kegiatan yang dilakukan Mahasiswa UMC dalam menekan angka stunting:

1. Edukasi Gizi melalui Literasi Digital

Mahasiswa memberikan edukasi gizi kepada anak-anak di SDN 1 Leuwidingding. Edukasi digital ini meliputi pentingnya asupan gizi seimbang dan pemilihan makanan bergizi.

2. Kolaborasi dengan Posyandu setempat

Mahasiswa KKM UMCirebon bekerja sama dengan Posyandu desa setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan berkala pada balita dan ibu hamil. Selain itu, mahasiswa juga membantu dalam pencatatan dan pelaporan data stunting di Desa Leuwidingding.

BACA JUGA:Pengamat: STY Terapkan Formasi Menyerang! Prediksi Timnas Indonesia vs Arab Saudi

3. Pemberdayaan Masyarakat

Mahasiswa KKM UMCirebon mendorong masyarakat untuk mengembangkan potensi sumber daya alam di Desa Leuwidingding, salah satunya yaitu dengan demo masak mengenai menu sehat untuk penurunan angka stunting di Balai Desa Leuwidingding. Hal tersebut juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan ketersediaan pangan bergizi di Desa.

Peran masyarakat sangat penting dalam upaya penurunan stunting. Masyarakat perlu terlibat aktif dalam berbagai program yang telah dirancang. Selain itu, masyarakat juga perlu mengubah perilaku hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kebersihan lingkungan, dan rutin melakukan imunisasi.

Dalam upaya penurunan angka stunting masih banyak tantangan yang harus dihadapi, beberapa diantaranya adalah kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya gizi, keterbatasan akses terhadap makanan bergizi, dan kurangnya sumber daya. 

Kategori :