Peduli Yatim, Yayasan Berkah Nawa Panca Berikan Santunan

Peduli Yatim, Yayasan Berkah Nawa Panca Berikan Santunan

KUNINGAN- Alumni SMAN 2 Kuningan angkatan 1995 mewujudkan kepeduliannya pada anak yatim dan duafa dengan mendirikan sebuah yayasan sosial. Santunan kepada 100 anak yatim dan sumbangan kepada musala mewarnai peresmian yayasan yang diberi nama Berkah Nawa Panca, Minggu (13/12). Yayasan tersebut memiliki sekretariat di sebuah rumah hasil wakaf keluarga Letkol Lek Denny Avianto, perwira TNI AU yang juga alumni SMAN 2 Kuningan angkatan 1995. Sekretariat ini beralamat Jl RE Martadinata, RT 11 RW01, Lingkungan Kliwon, Kelurahan Cijoho Kabupaten Kuningan.

\"Ini adalah ide dari rekan-rekan alumni SMAN 2 Kuningan angkatan 1995, untuk bisa memberikan kontribusi bagi anak yatim-piatu dengan pemberian donasi. Kami berpikir. Di masa pandemi sekarang ini banyak warga yang harus dibantu. Karena itu, akhirnya kami sepakat untuk memberikan santunan kepada 100 anak yatim dan duafa saat peresmian sekretaris yayasan,\" papar Letkol Denny saar memberikan sambutan.

Menurut dia, pengurus yayasan yang terdiri dari para alumni SMANDA 1995 dapat berkontribusi maksimal dengan hadirnya sekretariat milik yayasan. Diawali dengan merangkul anak yatim dari lingkungan sekitar, kemudian Kelurahan Cijoho, dan ke depannya giat ini berkontribusi lebih luas lagi.

\"Insya Allah, pemberian santunan seperti ini kita jadikan kegiatan rutin yayasan, serta kita siapkan program beasiswa pendidikan yang diprioritaskan bagi anak yatim piatu. Tapi ke depan, tidak menutup kemungkinan kegiatan sosial ini terbuka bagi masyarakat umum tergantung nanti pengelolaan yayasan ke depannya,\" jelasnya kepada Radar, kemarin (13/12).

Dalam acara tersebut, Letkol Denny menyerahkan tiga sertifikat tanah (SHM) atas restu dan izin dari keluarganya. Penyerahan ini disaksikan pula oleh segenap undangan. Di antaranya Lurah Cijoho Suharto SE serta perangkatnya, tokoh masyarakat dan tokoh agama dari kelurahan tersebut. Secara simbolis, peresmian dilanjutkan dengan peluncuran plang yang bertuliskan nama alamat dan badan hukum Yayasan Berkah Nawa Panca, plang ini ditempatkan pada bagian depan kantor sekretariat. 

Sementara itu, ketua yayasan yang juga alumni SMANDA 1995 Rudi Rudiana ST MPd di sela peresmian mengucapkan terima kasih kepada keluarga Letkol Denny Avianto yang telah mewakafkan tanah seluas 30 bata beserta bangunan rumah di atasnya. Dirinya juga berterima kasih kepada alumni SMAN 2 Kuningan atas dukungan selama ini.

\"Yayasan akan bergerak dalam kegiatan sosial bagi anak yatim dan duafa. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu santunan kepada anak yatim, lalu rencana selanjutnya kita membantu pendidikan anak yatim baik dari pembiayaan maupun bimbingan belajar dan pelatihan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM),\" ujar Rudi.

Rudi yang juga seorang guru di salah satu SMK Negeri di Kuningan itu mengatakan, kendati baru diresmikan, Yayasan Berkah Nawa Panca langsung memiliki donatur utama, yakni PT Nawa Panca. Donatur lainnya juga tampak hadir dan siap jadi donatur, di antaranya diungkapkan Nurjayana yang kini mengelola sebuah perusahaan trading.

“Kami akan konsen dalam bidang sosial terutama pendidikan bagi anak yatim dan duafa. Kami sudah merencanakan untuk memberikan beasiswa bagi anak-anak yatim,” tutur dia. (bud)

https://www.youtube.com/watch?v=1lSyq0hJmps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: