Seribu Paket Sembako Murah untuk Delapan Kecamatan

Seribu Paket Sembako Murah untuk Delapan Kecamatan

KUNINGAN-Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Dinkopdagin) menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) secara serantak di delapan kecamatan. Kegaitan OPM untuk menyikapi lonjakan harga sejumlah kebutuhan masyarakat di penghujung tahun 2020 ini.

Bupati Kuningan Acep Purnama meresmikan langsung pelaksanaan OPM tersebut saat kegiatan Food Festival di Hotel Prima Resort Sangkanurip, kemarin. Ini ditandai penyerahan secara simbolis paket sembako murah kepada delapan camat yang mendapat giliran pertama menyelenggarakan OPM.

\"Kegiatan Operasi Pasar Murah ini dalam rangka meringankan masyarakat terutama dari golongan menengah ke bawah yang terdampak Covid-19. Kami menyediakan seribu paket sembako dengan harga sangat terjangkau untuk disebar di delapan kecamatan,\" ungkap Kepala Dinkopdagin Kabupaten Kuningan U Kusmana SSos MSi.

Lebih lanjut dikatakannya, delapan kecamatan yang mendapat giliran pertama menyelenggarakan kegiatan OPM adalah Kecamatan Cigugur, Cilimus, Pasawahan, Pancalang, Cigandamekar, Jalaksana, Ciniru, Sindangagung dan Darma. Adapun paket sembako yang dijual murah tersebut berisi bahan kebutuhan pokok seperti beras 5 kilogram, minyak goreng 2 liter dan gula pasir 2 kilogram seharga Rp60.000 saja.

\"Kalau dijual normal paket sembako tersebut seharga Rp100.000, namun kami bekerjasama dengan beberapa distributor bisa mendapatkan harga diskon hingga 40 persen sehingga bisa dijual Rp 60.000 saja. Mudah-mudahan dengan kegiatan OPM ini bisa meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19 terlebih saat ini beberapa barang kebutuhan masyarakat sedang mahal,\" ujar U Kusmana didampingi Kabid Perdagangan Erwin.

Delapan kecamatan tersebut diharuskan secepatnya menggelar pasar murah di wilayahnya masing-masing dengan prioritas pembeli warga kalangan menengah ke bawah. Setiap kecamatan mendapat jatah 100 paket sembako, kecuali Kecamatan Cigugur mendapat 300 paket karena banyak umat kristiani yang merayakan Natal.

\"Di Kecamatan Cigugur banyak warga Kristiani yang merayakan Natal sehingga mendapat jatah sembako murah paling banyak yaitu 300 paket,\" ujarnya .

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi kegiatan OPM tersebut untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. \"Prioritas Operasi Pasar Murah ini untuk warga berpenghasilan rendah, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk daerah lainnya insya Allah kita gelar secara bertahap,\" ujar Acep. (fik)

https://www.youtube.com/watch?v=g6NGOeF8uZs&t=34s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: