Acep-Ridho Adakan Tadarus Bersama Ulama

Acep-Ridho Adakan Tadarus Bersama Ulama

KUNINGAN–Bupati H Acep Purnama SH MH dan Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi terlihat kompak mengikuti silaturahmi dan tadarus Alquran bersama alim ulama di Kabupaten Kuningan, Jumat (7/5). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Purnama Mulia Kuningan, dihadiri pula Kabag Kesra Setda H Nunung Nurjati MSi dan Ketua PC NU Kuningan KH Aam Aminudin.

Bupati H Acep Purnama sangat menyambut baik adanya kegiatan silaturahmi dan Tadarus Alquran bersama para alim ulama. Apalagi kegiatan ini dilaksanakan pada bulan suci Ramadan 1442 H.

“Semoga melalui silaturahmi ini, Kota Kuningan tercinta selalu dalam kedamaian dan kemajuan di berbagai bidang. Saya sangat menyambut baik kegiatan yang diisi dengan ramah tamah, bertausiah dan tadarusan yang bermutu, serta berdialog dengan para alim ulama,” ungkapnya.

Dia berharap, momentum ini membuahkan komitmen yang lebih tinggi dalam mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Kuningan. Termasuk membangun kehidupan beragama dengan sejuk, damai dan penuh keakraban.

“Tadarus adalah membaca dan mempelajari Alquran secara lebih mendalam, yang dibaca bersama-sama sambil membetulkan lafal dan mengungkapkan maknanya yang dilakukan untuk ibadah kepada Allah SWT. Bukti mencintai Alquran yaitu dengan membaca dan memahami maknanya, di mana Alquran sebagai  petunjuk bagi semua manusia,” terangnya.

Menurutnya, keutamaan tadarus  Alquran di antaranya adalah mendapat ilmu, khususnya ilmu membaca Alquran dan mempererat tali persaudaraan dengan saling berbagi ilmu serta memberi syafaat di akhirat.

“Untuk itu, mari kita memperbanyak waktu dengan membaca Alquran pada bulan Ramadan ini. Tetap menggemakan Alquran supaya kita semua selamat di dunia dan akhirat,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, Bupati Acep mengingatkan, bahwa silaturahmi merupakan hal yang sangat penting dalam penyerapan nilai untuk mempererat dan memperkokoh persatuan kesatuan, serta interaksi sosial di kalangan umat Islam maupun antar umat beragama.

“Pada kondisi saat ini, hikmah silaturahmi sangat penting untuk menutup adanya ruang kosong penerimaan informasi yang mungkin keliru, menyangkut segala sesuatu di bidang kemasyarakatan dan pembangunan lainnya baik secara fisik maupun nonfisik,” imbuhnya.

Pihaknya berharap pula, agar silaturahmi antara pemerintah daerah dengan alim ulama untuk tetap terjalin harmonis. Sekaligus ikut serta dalam memberikan masukan untuk terwujudnya visi misi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul).

“Saya berharap dukungan dan dorongan dari saudara-saudara seluruh alim ulama dan umara, semoga Kuningan ke depan lebih maju di berbagai bidang dan selamanya dalam keadaan damai, aman dan tentram. Sebab Kabupaten Kuningan tak bisa dibangun oleh Bupati atau Wakil Bupati saja, melainkan dengan dukungan dari seluruh pihak termasuk peran dari para ulama,” ucapnya lagi.

Kabag Kesra Setda H Nunung Nurjati menambahkan, kegiatan ini dalam rangka mengisi waktu di bulan Ramadan melalui hal yang bermanfaat dan mengandung amal ibadah.

“Kita manfaatkan momen bulan Ramadan 1442 H ini untuk mendulang pahala, serta memperbaiki bacaan Alquran melalui tadarus serta memperbanyak bacaan Alquran,” katanya.

Dirinya mengajak, agar bersama-sama berdoa agar kegiatan ini menjadi amal shaleh semuanya. Termasuk mengajak untuk berdoa bersama-sama, agar pemerintahan daerah diberikan kelancaran dalam setiap menjalankan tugas dan memajukan masyarakat Kuningan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: