Kementerian ESDM Lirik Potensi Panas Bumi Gunung Ciremai

Kementerian ESDM Lirik Potensi Panas Bumi Gunung Ciremai

KUNINGAN – Pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM nampaknya melirik potensi panas bumi atau geothermal di Gunung Ciremai. Hal itu terungkap, saat rapat mengenai penjelasan teknis pelaksanaan kegiatan survey 3G (Geologi, Geofisika dan Geokimia) bersama Kementerian ESDM di ruang rapat Linggajati Setda Kuningan, kemarin (10/6).

Hadir langsung Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Koordinator Pelayanan dan Bimbingan Usaha Panas Bumi Kementerian ESDM Edi Indiarto, Forkopimda, Pimpinan SKPD, Camat dan Kepala Desa.

“Energi panas bumi atau geothermal adalah energi panas yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumi. Dimana Indonesia memiliki potensi energi terbarukan geothermal terbesar di dunia,” kata Koordinator Pelayanan dan Bimbingan Usaha Panas Bumi Kementerian ESDM, Edi Indiarto saat memberikan pemaparan.

Hanya saja saat ini, Ia menyebut, pemanfaatan potensial itu belum terlalu maksimal. Padahal energi geothermal dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik, serta dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak sebagai sumber tenaga listrik.

“Kebijakan pemanfaatan energi geothermal secara serius akan dapat mengatasi krisis listrik di Indonesia. Untuk WKP (Wilayah Kerja Panas Bumi) yang ada di wilayah Gunung Ciremai ada 38.560 hektare, selain sebagai sumber energi listrik, pemanfaatan lain dari panas bumi yang akan dilakukan di wilayah Gunung Ciremai adalah pemanfaatan langsung (non listrik) seperti wisata, agrobisnis dan perternakan,” bebernya.

Menurutnya, adapun karakteristik dari geothermal yakni sumber energi bersih, ramah lingkungan terbarukan dan bebas resiko kenaikan harga bahan bakar fosil. Kemudian juga tidak dapat di ekspor, tidak memerlukan lahan yang luas, serta tidak tergantung cuaca.

“Pada dasarnya, energi geothermal adalah energi yang sangat ramah lingkungan dan dapat berdampingan dengan aktivitas masyarakat sekitar. Disamping pula bisa memberikan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara sambutan Bupati H Acep Purnama SH MH yang dibacakan Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi menyampaikan, apabila pada prinsipnya pemerintah daerah mendukung sepenuhnya, eksplorasi panas bumi yang akan dilakukan pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM di kawasan Gunung Ciremai. Yang selanjutnya, bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit energi tenaga listrik berkekuatan watt besar.

“Oleh karena itu, diharapkan tim dari Kementerian ESDM dapat memberikan kejelasan secara teknis mengenai tahapan penelitiannya, sebelum melaksanakan survey terkait beberapa informasi penting rencana pengembangan panas bumi di Kabupaten Kuningan khususnya wilayah Gunung Ciremai. Saya berharap dukungan dari seluruh stakeholder untuk kegiatan hari ini, semoga kedepan manfaatnya dapat dirasakan demi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: