Persiapan Revitalitasi, Siapkan Pasar Darurat

Persiapan Revitalitasi, Siapkan Pasar Darurat

KUNINGAN-Pemerintah Kabupaten Kuningan mulai membangun pasar darurat di sepanjang jalan utama dan halaman parkir Pasar Kepuh untuk menampung para pedagang yang terdampak proyek revitalisasi.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Kadinkopdagperin) Kabupaten Kuningan U Kusmana melalui Kasi Ketertiban dan Keamanan Pasar Sumarna mengatakan, sebanyak 130 unit kios darurat sudah disiapkan untuk relokasi para pedagang tersebut. Meski hanya terbuat dari kayu, Sumarna mengatakan, keberadaan kios darurat tersebut dibuat sedemikian rupa agar para pedagang bisa berjualan dengan leluasa dan nyaman.

\"Sedang dalam proses pengerjaan pembangunan 130 kios darurat untuk relokasi sementara para pedagang terdampak revitalisasi Pasar Kepuh. Insya Allah pembangunan pasar darurat ini rampung dalam waktu sepekan mendatang dan bisa langsung ditempati para pedagang kemudian proyek revitalisasi mulai dilaksanakan,\" ungkap Sumarna kepada Radar, kemarin.

Sumarna menambahkan, pasar daruat tersebut nantinya akan ditempati para pedagang sesuai kelompok jenis dagangannya. Yakni akan ada pembagian kawasan tertentu untuk ditempati para pedagang sayuran, daging, sembako hingga makanan kering dan lainnya.

\"Untuk memudahkan pengunjung pasar berbelanja, nanti para pedagang pasar darurat ini akan dikelompokkan berdasarkan komoditinya,\" ujarnya.

Terkait rencana proyek revitalisasi Pasar Kepuh, Sumarna mengatakan, ada lima blok yang akan dibongkar yaitu Blok P, T, U, V dan Blok W. Nantinya, lanjut Sumarna, pasar akan dibuat lebih representatif dengan konsep hanggar yang akan memperbanyak los sedangkan kios hanya di bagian belakang. \"Dengan konsep hanggar, nanti transaksi akan lebih nyaman dan pasar akan terlihat lebih rapi dan bersih,\" ujarnya. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: