BPBD Kuningan Bantu Tenda Darurat di RS Sekar Kamulyan

BPBD Kuningan Bantu Tenda Darurat di RS Sekar Kamulyan

KUNINGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan membantu RS Sekar Kamulyan untuk mendirikan tenda darurat di halaman parkir rumah sakit. Keberadaan tenda darurat itu dapat dimanfaatkan untuk penanganan para pasien yang akan berobat ke rumah sakit.

Pendirian tenda darurat ini merupakan keinginan dari pihak RS Sekar Kamulyan. Apalagi kondisi sekarang, banyak rumah sakit kewalahan dalam penangaan pasien khususnya bagi mereka yang terpapar Covid-19.

“Iya kebetulan kita mendirikan tenda darurat di RS Sekar Kamulyan, ini atas dasar permintaan dari pihak rumah sakit. Sebab pihak rumah sakit butuh tempat untuk melakukan proses screening terhadap pasien,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana SSTP MSi kepada awak media, kemarin (8/7).

Menurutnya, kondisi sekarang hampir semua rumah sakit mulai kewalahan dalam menangani pasien, khususnya bagi pasien Covid-19. Oleh sebab itu dibutuhkan ruangan baru untuk membantu proses screening bagi pasien-pasien baru.

“Ketika pasien akan masuk rumah sakit maka harus screening dulu. Sementara ruangan di rumah sakit itu kalau kondisi normal masih bisa terakomodir, tapi sekarang kan kondisinya pandemi, ada pasien yang normal dan pasien Covid-19, makanya berinisiatif untuk peminjaman tenda darurat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, keberadaan tenda darurat ini dapat membantu rumah sakit dalam mengantisipasi penanganan para pasien. Sebab terdapat fasilitas berupa kursi, bahkan jika perlu disediakan pula tempat tidur pasien.

“Jadi di dalam tenda itu sudah ada fasilitas seperti kursi, atau nanti jika pasien membutuhkan oksigen bisa juga dilakukan di dalam tenda itu. Misalkan dikasihkan tempat tidur pasien juga bisa saja, namun sekarang ini baru satu rumah sakit saja,” imbuhnya.

Apabila rumah sakit lain membutuhkan tenda darurat serupa, pihaknya mengaku, jika jumlah tendanya terbatas. Kini hanya tinggal menyisakan 2 tenda darurat lagi.

“Kita tinggal 2 tenda lagi yang seperti itu. Jadi hanya ada di RS Sekar Kamulyan ya, itu pun sifatnya situasional,” tukasnya.

Kaitan kondisi pusat isolasi terpadu di Pusdiklat BKPSDM Kuningan apakah sudah terisi, Ia menyebutkan, sejauh ini baru ada sebanyak 5 orang pasien Covid-19. Semoga tidak lagi bertambah, bahkan jangan sampai ada lagi yang terpapar Covid-19.

“Namun memang, hari ini saja kenaikan kasus positif Covid-19 cukup signifikan. Ada sebanyak 804 kasus baru hari ini, sehingga total kasus positif Covid-19 sudah sebanyak 11.536 kasus,” bebernya.

Dia menyebutkan, ada 7.605 orang pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh. Namun sebanyak 365 orang dinyatakan meninggal dunia akibat positif Covid-19.

“Sekarang masih menyisakan sebanyak 3.566 orang positif Covid-19. Semoga kondisi ini bisa segera pulih kembali, dan kasusnya semakin menurun,” pungkasnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: