Acep Beri Penghargaan Gerakan Pramuka

Acep Beri Penghargaan Gerakan Pramuka

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH memberi penghargaan gerakan pramuka bagi 10 orang. Penghargaan ini diberikan dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-60 bertajuk Berbakti Tanpa Henti di Aula Wisma Permata Kuningan,  Sabtu (28/8).

Adapun yang mendapat penghargaan Lencana Dharma Bhakti yakni Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi, Rana Suparman SSos dan Drs Ucu Suryana MSi. Selanjutnya H Udi Maksudi SPd (Lencana Pancawarsa VII), Akmadi SPdI (Lencana Pancawarsa V), Hj Cicih Sukadasih MPd (Lencana Pancawarsa IV), Imam Wahyudin G AMd (Lencana Pancawarsa III), Surya SPd MM (Lencana Pancawarsa II), Amin SPd (Lencana Pancawarsa I) dan Ius Sri Rustiani SP (Lencana Pancawarsa I).

Dalam kesempatan itu, Bupati H Acep Purnama mengatakan, peringatan 60 tahun gerakan pramuka ini harus tetap semangat, berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap saling tolong menolong.

“Saya sebagai Bupati Kuningan sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kuningan, akan senatiasa siap memberikan dukungan baik moril maupun materil. Untuk itu, saya berpesan teruslah berkarya demi ibu pertiwi tercinta, bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa. Tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti,” pintanya.

Menurutnya, gerakan pramuka bukan merupakan organisasi bantuan sosial. Melainkan sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa satya dan dharma pramuka.

“Pramuka tetap menunjukkan baktinya untuk membantu sesama yang membutuhkan bantuan. Hal ini sejalan pula dengan arahan Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan kepramukaan,” ujarnya.

Dia menyebutkan, gerakan kepramukaan yang dilaksanakan yaitu gerakan kedisiplinan nasional dan gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama.

“Saya mengajak kepada pramuka di mana pun, untuk mewujudkan dan memadukan sesuai tema pramuka berbakti tanpa henti. Kegiatan berbakti ini dapat dilakukan di mana saja dimulai dari lingkungan gugus depan masing-masing, lalu berbakti pula membantu keluarga dan masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, pramuka sebagai garda terdepan dapat membantu pemerintah dan masyarakat dengan bakti yang tulus.

“Mari kita semuanya bertekad untuk menjadikan generasi muda Indonesia menjadi generasi unggul, hebat, kreatif, petarung dan generasi yang siap mengabdi untuk Kuningan Makmur, Agamis dan Pinunjul,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Drs Ucu Suryana MSi mengatakan, tujuan kegiatan peringatan Hari Pramuka untuk meningkatkan minat dan kecintaan kaum muda Indonesia kepada gerakan pramuka. Sekaligus memupuk rasa persaudaraan, kesukarelaan dan gotong royong, serta meningkatkan jiwa patriotik.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, dapat memotivasi bagi kami dalam berikhtiar meningkatkan pembinaan kaum muda menuju Kuningan Makmur, Agamis dan Pinunjul,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: