Pemuda Pancasila Gencar Adakan RPP Tingkat Kecamatan

Pemuda Pancasila Gencar Adakan RPP Tingkat Kecamatan

KUNINGAN – MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Kuningan kini tengah gencar melakukan Rapat Pemilihan Pengurus (RPP) di tingkat kecamatan. RPP ini digelar khususnya bagi Pengurus Anak Cabang (PAC) PP tingkat kecamatan yang menjelang masa habis kepengurusan.

Sebab masa kepengurusan PAC PP hanya berlangsung tiga tahun, sedangkan Pengurus Ranting atau tingkat desa/kelurahan hanya 2 tahun. Sehingga perlu diadakan RPP, sebagai ruang dalam re-organisasi kepemudaan dalam wadah Pemuda Pancasila yang telah berakhir.

“MPC Pemuda Pancasila Kuningan pada bulan ini dan selanjutnya, akan melaksanakan RPP yakni Rapat Pemilihan Pengurus di tingkat kecamatan. Jadi setiap PAC Pemuda Pancasila yang habis masa kepengurusan, maka diadakan RPP,” kata Ketua MPC PP Kuningan Harnida Darius SH melalui Kabid Humas MPC PP Kuningan Ayep Setiawan SIP, kemarin (20/9).

Sejauh ini, lanjutnya, MPC PP Kuningan telah melaksanakan pelantikan terhadap dua PAC PP yakni di Kecamatan Pancalang dan Kecamatan Mandirancan.

“Minggu kemarin di PAC Pancalang yang terpilih adalah saudara Toto. Hadir langsung Ketua MPC Kang Harnida Darius, Sekjen Kang Dadang Saputra, Waka 1 Kang H Hilwan, Waka 3 Kang Agus, Kabid Hankam Bang Herman, Kabid OKK Bang Dimas, Kabid Prasarana Bang Rash, Komandan Koti Kang Budi Rahman, Ketua BPKTA Bang Aqew dan kabid-kabid yang lain,” sebutnya.

Sementara pelantikan minggu ini, kata Adon-sapaan akrabnya, pelantikan PAC dilakukan di Kecamatan Mandirancan. Adapun yang terpilih adalah Nurrahman, sebab ketua sebelumnya tidak mencalonkan kembali.

“Kita sudah terbentuk 32 PAC, namun sebagian memang menjelang habis kepengurusan. Sehingga kita lakukan kegiatan RPP bagi pengurus yang menjelang habis masa periodeisasinya, sekarang baru 2 PAC yang resmi dilantik untuk tiga tahun kepengurusan ke depan,” terangnya.

Dia menjelaskan, sebelum PAC PP melakukan RPP, maka harus dilakukan terlebih dulu RPP di tingkat ranting. Hal ini sejalan dengan AD/ART agar tertib organisasi.

“Jadi semua pengurus di tingkat PAC kedepan harus menjalankan roda organisasi sesuai AD/ART. Misalnya melakukan kaderisasi-kaderisasi hingga tingkat basis, termasuk dengan kegiatan-kegiatan sosial yang bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat,” imbuhnya.

Apalagi saat ini, Ia menyebut, tak sedikit warga terdampak pandemi Covid-19. Sehingga kader Pemuda Pancasila bisa hadir di tengah-tengah masyarakat untuk saling membantu terhadap sesama.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: