Raih Penghargaan APE Kategori Utama

Raih Penghargaan APE Kategori Utama

KUNINGAN - Bupati H Acep Purnama SH MH meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 Kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Kabupaten Kuningan sendiri mendapatkan Penghargaan APE Kategori Pratama pada tahun 2013 dan 2016. Selanjutnya Tahun 2018 meningkat menjadi Kategori Madya. Dan pada 2020 hasil evaluasi pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tersebut, mendapatkan penilaian meningkat sehingga mendapatkan APE Kategori Utama.

Bupati memberikan apresiasi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang telah menginisiasi diselenggarakannya Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021, sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

“Saat ini pemerintah Kabupaten Kuningan telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender, sesuai Amanat Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender,” kata Bupati Acep saat berada di gedung DPRD Kuningan, sebelum acara Sidang Paripurna tentang Pandangan Umum (PU) Fraksi-Fraksi atas Nota Perubahan APBD TA 2021, Jumat (24/9).

Penghargaan tersebut, kata Bupati, merupakan bentuk keberhasilan Kabupaten Kuningan dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sehingga pada pelaksanaannya, Kabupaten Kuningan mengangkat critical issue dalam program PUG.

Di antaranya meningkatkan pemahaman Sumber Daya Manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender. Di samping juga mengawal kesepakatan pemerintah daerah terkait urgensi dan pentingnya melaksanakan strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.

“Alhamdulillah, Kabupaten Kuningan kembali menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Utama tahun 2020. Semoga upaya kita menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan, bisa terwujud dan penghargaan ini harus dipertahankan. Kami harus menjadi lebih baik lagi. Terima kasih kepada semuanya,” ujar Bupati Acep.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan Trisman Supriatna MPd menambahkan, penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan mendukung pelaksanaan PUG di kabupaten/kota, nantinya diharapkan akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan, yang memang benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

“Ada 4 kategori penerima Anugerah Parahita Ekapraya atau APE, yaitu Tingkat Pratama (Pemula), Tingkat Madya (Pengembang), Tingkat Utama (Peletakan dasar dan Keberlanjutan), dan Mentor,” kata Trisman.

Sementara itu, lanjut Trisman, APE sendiri dinilai dari 7 komponen kunci, yakni Komitmen (Perda PUG, Pergub PUG), Kebijakan (RPJMD, Renstra OPD), Kelembagaan (Pokja PUG, Focal Point), Sumber Daya Manusia dan Anggaran (SDM Terlatih PPRG dan Jumlah Anggaran Provinsi Responsif Gender).

Kemudian Alat Analisis Gender (Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budgeting Statement (GBS), Data Gender (Data Terpilah Perempuan dan Laki terkait berbagai hal dalam Sumbar satu Data), dan Partisipasi Masyarakat (Puspa atau Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan Dan Anak, yang anggotanya terdiri dari Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif, sehingga Kuningan alhamdulillah sekarang berhasil meraih penghargaan APE Kategori Utama,” ucap Trisman. (muh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: