Bupati Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Bupati Peringati Hari Kesaktian Pancasila

KUNINGAN – Pemerintah Kabupaten Kuningan memperingati Hari Kesaktian Pancasila melalui upacara peringatan di halaman Kantor Setda Kuningan, kemarin (1/10). Bupati H Acep Purnama SH MH langsung bertindak sebagai inspektur upacara.

Hadir pula Wakil Bupati HM Ridho Suganda SH MSi, pimpinan Forkopimda, staf ahli bupati, asisten daerah, pimpinan SKPD maupun pegawai ASN di lingkungan Pemkab Kuningan.

Bupati Acep mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila hendaknya dijadikan momentum lebih memperkuat dan menjadi pemersatu bangsa. Momentum ini menjadi tonggak sejarah untuk meneguhkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara. “Memperingati Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu cara untuk menghargai para leluhur, yang telah merumuskan nilai-nilai luhur untuk kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, suasana kebersamaan dan saling tolong menolong senantiasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sebagai wujud kesatuan dan persatuan bangsa dalam nilai kegotong-royongan.

“Kita semua mengakui bahwa di samping telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh, Pancasila memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik. Nilai-nilai pancasila telah membuat masyarakat kita semakin matang dalam kehidupan politik,” tandasnya.

Menurutnya, kenyataan sosial politik sudah seharusnya meneguhkan sikap warga negara, bahwa Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus pondasi NKRI.

“Termasuk sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera,” tuturnya.

Dia menjelaskan, melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahun, mesti dijadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai. Sekaligus sebagai semangat untuk membangun sikap dan komitmen diri, dalam membangun Kabupaten Kuningan yang berkelanjutan.

“Mari kita wujudkan Pancasila dapat menyatu dalam gerak nadi dan derap seluruh kehidupan masyarakat Kabupaten Kuningan. Dengan menjadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai pemicu semangat menjadikan masyarakat Kabupaten Kuningan makmur, agamis, pinunjul berbasis desa. Untuk itu, kita harus terus menerus menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi, utamanya para generasi penerus bangsa yang kita cintai,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: