Guru Penggerak Tingkatkan Kemajuan Pendidikan

Guru Penggerak Tingkatkan Kemajuan Pendidikan

KUNINGAN – Bupati H Acep Purnama SH MH membuka loka karya kedua untuk angkatan tiga program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kuningan, akhir pekan kemarin. Program ini pun dinilai dapat meningkatkan kemajuan pendidikan di Kuningan.

Kegiatan bertajuk “Mengembangkan Komunitas Belajar”, ini sejalan dengan komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Sebab dalam visi misi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul), salah satunya mencakup manajemen layanan pendidikan yang merata, adil, berkualitas dan berkelanjutan dalam menciptakan SDM yang Sajati.

“Adanya program Pendidikan Guru Bergerak, semoga bisa melahirkan pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar. Sekaligus menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid,” kata Bupati Acep saat memberi arahan.

Sehingga ke depan, lanjutnya, diharapkan mampu membawa kebangkitan dan kemajuan pendidikan Kabupaten Kuningan menuju Kabupaten Pendidikan. Program Pendidikan Guru Penggerak ini bertujuan meningkatkan kompetensi kepemimpinan guru.

“Sehingga dapat menghasilkan profil guru penggerak, untuk mengembangkan dan memimpin mewujudkan visi satuan pendidikan yang optimal. Kemudian proses belajar peserta didik dengan berpihak pada peserta didik dan relevan, sesuai kebutuhan komunitas di sekitar satuan pendidikan,” ungkapnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi, bagi seluruh guru yang sudah berjuang mengambil peran menuju transformasi pendidikan Indonesia. Yakni transformasi pendidikan untuk pembelajaran yang berpihak pada siswa dan pembelajaran yang merdeka.

“Semoga dari 90 calon guru penggerak di Kabupaten Kuningan, setelah mengikuti kegiatan selama 9 bulan bisa lulus menjadi guru penggerak,” harapnya.

Sementara Koordinator Kelompok Kerja Peningkatan Kompetensi PPPPTK TK dan PLB, Dr Hermansyah MPd menyampaikan, kegiatan ini salah satu cara untuk dapat mengembangkan para murid melalui gerakan komunitas praktisi belajar. Yakni mereka yang bersama-sama mengusung dan berkomitmen, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik.

“Saya yakin ibu dan bapak mampu untuk melaksanakan kegiatan ini. Sebab program Pendidikan Guru Penggerak semua berkesempatan untuk menunjukkan rencana kedepan, dalam menggerakkan seluruh komunitas yang ada di sekolahnya masing-masing,” ucapnya.

Nantinya, Ia menyebut, seluruh peserta akan diajak menggerakkan komunitas praktisi yang lebih luas di bidang pendidikan termasuk di Kabupaten Kuningan.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: