Tambahan Armada, Damkar Miliki Unit Ranger Rescue

Tambahan Armada, Damkar Miliki Unit Ranger Rescue

KUNINGAN – Bantuan mobil pemadam kebakaran yang diterima Pemkab  Kuningan dinilai memiliki banyak keunggulan tertentu. Apalagi sebagai mobil damkar dengan jenis unit ranger rescue ini, bisa memaksimalkan upaya pemadaman api saat terjadinya kebakaran.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan Khadafi Mufti mengakui, jika sekarang masih tahap penyelesaian administratif sebelum dapat menggunakan mobil damkar hasil bantuan hibah dari Jepang melalui UPI Bandung.

“Paling sekitar sebulanan ini, sekarang sedang mengurus administrasinya. Kita hanya sebagai penerima hasil guna dari hibah tersebut,” ujarnya, kemarin (4/10).

Pihaknya berterimakasih, khususnya kepada Bupati H Acep Purnama yang telah memfasilitasi dalam proses penerimaan bantuan hibah tersebut. Termasuk kepada pihak UPI Bandung yang memberikan bantuan hibah atas kerja samanya dengan Jepang.

“Jadi itu adalah unit ranger and rescue. Fungsi dan kegunaan selain untuk mobil pemadam kebakaran, bisa juga mengangkut peralatan rescue,” terangnya.

Menurutnya, bantuan mobil damkar ini dapat mengisi dan mengeluarkan air secara otomatis. Bahkan mobil ini tipenya double cabin, sehingga memiliki ruang yang cukup agar petugas berada di dalam mobil saat bertugas.

“Kalau mobil ini, petugas bisa duduk di dalam dan tidak ada lagi yang berada di atas mobil, lebih savety. Namun memang kondisi mobil ini tidak ada penampung air, sehingga saat pemadaman langsung menyedot dari sumber air atau mobil yang kita sediakan untuk membawa air dengan water supply,” ungkapnya.

Dia mengakui, kondisi mobil pemadam kebakaran dari bantuan hibah tersebut masih sangat layak. Sehingga secara tanggap darurat, mobil sudah betul-betul memenuhi standar operasional apalagi langsung dari Jepang.

“Alhamdulillah bantuan mobil ini akan sangat membantu kita ke depan dalam penanggulangan musibah, khususnya kebakaran. Apalagi memiliki tangga otomatis langsung dari mobil itu, kita tidak perlu lagi menaikan atau menurunkan tangga secara manual, karena sudah ada tangga otomatis,” bebernya.

Dia menyebutkan, ketinggian tangga tersebut sesuai standar internasional setinggi 20 meter.

“Mudah-mudahan ke depan kita doakan, pemerintah daerah bisa kembali mengusahakan kelengkapan sarana dan prasarana pemadam kebakaran,” imbuhnya.

Selain itu, Ia menyebutkan, kelebihan lain mobil damkar itu ketika ada kebakaran bisa menggunakan selang air lebih banyak, sehingga penanganan akan lebih cepat.

“Atas nama UPT Damkar Satpol PP Kuningan, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Pak Bupati. Karena bisa memperhatikan sarana dan prasarana Damkar Kuningan, termasuk dari UPI Bandung yang sudah menghibahkan unit damkar kepada kami,” pungkasnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: