Tingkatkan Ekonomi Keluarga lewat UP2K PKK

Tingkatkan Ekonomi Keluarga lewat UP2K PKK

KUNINGAN - Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (UP2K PKK), merupakan program dengan tujuan untuk lebih meningkatkan peran kader-kader PKK. Tentunya peran dalam rangka membantu keluarga-keluarga agar mampu mewujudkan kesejahteraan hidupnya.

Salah satunya yakni melalui peningkatan usaha mikro dan kecil, sekaligus untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Hal ini pun terus dilakukan UP2K PKK Desa Geresik, Kecamatan Ciawigebang, Kuningan.

Ketua Pokja Khusus (Poksus) UP2K PKK Desa Geresik, Mona Munajah menyampaikan, dalam pelaksanaan Program UP2K PKK Desa Geresik diarahkan untuk meningkatkan peran serta ibu-ibu rumah tangga, anggota keluarga serta anak muda dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. Sekaligus menjadi forum belajar berwirausaha dan meningkatkan  keterampilan atau skill.

“Saat ini, kegiatan UP2K PKK di Desa Geresik terdiri dari 2 Kelompok yakni UP2K Mawar dan UP2K Pamekar,” kata Mona, kemarin (5/10).

Dia menjelaskan, UP2K Mawar diprakarsai oleh PKK Pokja 2 Desa Geresik. Dalam kegiatan usahanya berupa pembuatan Pareredan Sorodot Jempol, Kremes Ubi (Krebi) dan Mustofa Ubi.

“Selanjutnya UP2K Pamekar di prakarsai oleh Karang Taruna Pamekar Desa Geresik. Jenis usahanya berupa pembuatan nuget jamur ori dan nuget ayam,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan saat ini inovasi yang dilakukan berupa pembuatan bentuk produk yang menarik, penyajian aneka rasa, serta teknik pengemasan. Dalam pemasaran produknya dilakukan secara online melalui media sosial, toko kue dan masyarakat sekitar.

“Banyak masyarakat yang terlibat di UP2K PKK Desa Geresik. Sehingga secara tidak langsung, terjadi proses pemberdayaan masyarakat dan  meningkatkan ekonomi keluarga di masyarakat,” tutupnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: