Kerahkan Alat Berat Tangani Longsor Cipedes

Kerahkan Alat Berat Tangani Longsor Cipedes

KUNINGAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan mengerahkan satu unit alat berat untuk menangani bencana tanah longsor di Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru, kemarin (18/11).

Alat berat tersebut dikerahkan untuk memudahkan penanganan pembersihan material longsor yang menutup separuh akses Jalan Ciniru-Cipedes. Dibantu warga setempat dan anggota Koramil serta Polsek Ciniru, pembersihan material tanah tersebut memakan waktu seharian.

\"Kami berkoordinasi dengan Dinas PUTR untuk penanganan bencana tanah longsor di Cipedes. Alhamdulillah, satu unit alat berat langsung bergerak pada Rabu malam ke lokasi, dan pembersihan bisa langsung dilakukan pada hari Kamis pagi,\" ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu kepada Radar Kuningan.

Indra mengatakan, bencana tanah longsor tersebut terjadi pada Selasa (16/11) sore menyebabkan tebing setinggi 30 meter ambruk menutup separuh badan jalan desa. Akibatnya, aktivitas masyarakat yang akan ke Kecamatan Ciniru pun praktis terhenti untuk sementara waktu selama kegiatan pembersihan berjalan.

\"Sehari kemarin masih bisa dilalui kendaraan roda dua. Namun hari ini karena ada kegiatan pembersihan menggunakan alat berat, otomatis akses jalan ditutup dan untuk mobilitas masyarakat Desa Cipedes untuk sementara lewat jalan alternatif,\" ungkap Ibe, panggilan akrab Indra Bayu.

Sementara itu, Kepala Desa Cipedes A Rusdiana menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemerintah Kabupaten Kuningan mengirimkan alat berat untuk mempercepat penanganan longsor di desanya. Pasalnya, kata Rusdiana, keberadaan jalan yang tertutup longsor tersebut cukup vital untuk mobilisasi warganya menuju sekolah, kantor kecamatan ataupun pasar.

\"Akibat longsor ini, warga Cipedes yang ingin ke kota harus memutar lewat Desa Cijemit atau ke Pamupukan yang lebih jauh. Alhamdulillah, ada bantuan dari BPBD mendatangkan alat berat sehingga penanganan longsor bisa lebih mudah,\" ungkap Rusdiana.

Dikatakan Rusdiana, proses pembersihan material longsor yang cukup tebal tersebut memakan waktu. Sampai-sampai dirinya harus mengerahkan warga dibantu anggota dari Polsek dan Koramil Ciniru membersihkan material longsor dengan peralatan seadanya seperti cangkul dan lainnya.

\"Alhamdulillah, penanganan pembersihan material longsor bisa selesai dalam sehari. Sekitar pukul 16.00 WIB, jalan sudah bersih dan sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat lagi,\" ujarnya. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: