Peningkatan Kapasitas Pejabat dan Administrator, Sekda Dian: Instansi Pemerintah Daerah Harus Bekerja Secara T

Peningkatan Kapasitas Pejabat dan Administrator, Sekda Dian: Instansi Pemerintah Daerah Harus Bekerja Secara T

KUNINGAN – Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi menekankan, agar pegawai di instansi pemerintahan daerah bisa bekerja secara tim. Hal ini demi terwujudnya optimalisasi kinerja dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat.

“Untuk mendapatkan nilai predikat baik bahkan sangat baik, itu bukan bekerja dengan cara bekerja sendiri atau masing-masing organisasi maupun SKPD. Melainkan dibutuhkan sinergitas antar SKPD atau organisasi yang berkelanjutan, sehingga pejabat pemerintah daerah mampu bekerja secara tim memahami tupoksi masing-masing jabatan, bekerja cerdas dan cermat mengatasi seluruh permasalahan,” kata Sekda Dian saat memberi arahan pada kegiatan peningkatan kapasitas pejabat dan administrator di Hotel Horison Tirta Sanita Kuningan, kemarin (22/11).

Menurutnya, kegiatan peningkatan kapasitas diadakan dalam rangka evaluasi kinerja perencanaan program kegiatan keuangan dan pelaporan, sebagai bahan perumusan kebijakan pemerintah daerah. Jadi, kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas pejabat dalam rangka evaluasi kinerja.

“Kita ingin menjadikan pejabat ASN yang profesional, cerdas dan cakap menghadapi era perubahan. Sehingga mampu mengamati dan mengetahui dalam perkembangan kemajuan zaman, serta bisa mengidentifikasi permasalahan maupun antisipasi atau melakukan upaya pencegahan dalam penyelesaian permasalahan,” bebernya.

Dia melihat, agenda peningkatan kapasitas merupakan cerminan kesadaran pemerintah pusat dan daerah, akan pentingnya kualitas birokrasi sebagai unsur dan aktor penting pelaksana pembangunan. Sehingga dengan meningkatnya kapasitas kepemimpinan dalam perangkat daerah, ini bertujuan untuk meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

“Sekaligus untuk mewujudkan tata kelola organisasi mengarah pada tujuan organisasi yang baik, bersih, profesional dengan penilaian kinerja pemerintah daerah,” imbuhnya.

Sementara Bupati H Acep Purnama SH MH berpesan, agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas sebaik mungkin. Para ASN yang hadir diharapkan pula menjadi pelopor prokes, dengan mencontohkan hal-hal baik mengenai prokes di dalam setiap kegiatan di manapun kepada masyarakat.

“Tak lupa juga untuk selalu mensosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat, agar target capaian vaksin bisa tercapai,” ucapnya.

Dirinya berharap pula, melalui kegiatan peningkatan kapasitas dapat menumbuhkan semangat etos kerja dan etos juang tinggi demi pelayanan optimal kepada publik.

“Kita bisa menunjukan kebersamaan, kita bertemu dengan semuanya untuk bisa saling tukar pikiran, memecahkan permasalahan dan memberikan ide-ide. Karena dengan adanya ide, akan muncul inovasi-inovasi untuk memajukan Kuningan. Tantangan daerah kedepan akan semakin kompleks, karena tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang kita berikan harus terukur dan memenuhi harapan mereka,” pungkasnya.(ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: