Ular Sanca Masuk Garasi Kopti, Damkar Turun Tangan

Ular Sanca Masuk Garasi Kopti, Damkar Turun Tangan

KUNINGAN - Seekor ular sanca kembang sepanjang 2,5 meter yang sedang sembunyi di garasi kantor Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Kopti) Kabupaten Kuningan di Jalan Jenderal Sudirman, berhasil diamankan petugas Damkar, Minggu (5/12) pagi.

Berdasarkan informasi dihimpun, proses evakuasi ular sanca berukuran besar tersebut dilakukan pada Minggu pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Bermula dari laporan petugas sekuriti Kantor Kopti yang mengetahui keberadaan ular pembelit tersebut di bawah mobil L300.

Dengan berbekal alat khusus penjepit ular, satu regu pemadam yang berjumlah tiga orang langsung mencari keberadaan ular tersebut. Dengan perhitungan yang matang, petugas pun dengan sigap menangkap ular python jenis sanca kembang tersebut dengan mudah lalu memasukkannya ke dalam karung.

\"Saat anggota kami tiba di lokasi, ular sanca tersebut masih berada di bawah mobil L300. Alhamdulillah, evakuasi ular sanca kembang tersebut tidak mengalami kendala berarti, petugas bisa dengan mudah menangkapnya dan langsung kita bawa ke kantor Damkar untuk diamankan,\" ungkap Kepala UPT Damkar Kuningan Mh Khadafi Mufti kepada Radar.

Khadafi mengatakan, ular sanca adalah sebutan umum untuk jenis ular pembelit yang diklasifikasikan sebagai famili Pythonidae. Meski tidak berbisa, ular sanca biasanya mempunyai ukuran tubuh cukup panjang yang kerap melumpuhkan mangsanya dengan cara membelit.

\"Kalau dibiarkan ular ini bisa membahayakan hewan peliharaan atau bahkan manusia. Oleh karena itu, evakuasi ular jenis sanca ini kita lakukan dengan terlebih dahulu kita tangkap untuk kemudian dilepaskan ke habitatnya yang jauh dari pemukiman warga. Atau jika ada pehobi atau pecinta reptil, kami persilakan mengambil di kantor Damkar untuk dipelihara,\" ungkap Khadafi. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: