Masyarakat Adat Cigugur Rayakan Seren Taun

Masyarakat Adat Cigugur Rayakan Seren Taun

Upacara adat Seren Taun Cigugur -M Taufik-

Radarkuningan.com, KUNINGAN - Masyarakat Adat Sunda Wiwitan di Cigugur, Kabupaten Kuningan, merayakan puncak upacara adat Seren Taun di komplek Paseban Tri Panca Tunggal, Jumat (22/7). 

Upacara adat Seren Taun kali ini yang mengangkat tema "Merawat, Meruwat Pusaka Budaya Nusantara dihadiri sejumlah pejabat penting mulai dari Bupati Kuningan Acep Purnama dan wakil M Ridho Suganda, Sinta Nuriyah Wahid, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan perwakilan tokoh adat dari 12 provinsi di Nusantara. 

BACA JUGA:Beredar Isu KPM Sudah Kantongi Cadir PDAU Kuningan, Pengamat: Buktikan!

Puncak upacara adat Seren Taun dimeriahkan dengan berbagai pagelaran kesenian seperti Tari Buyung, Angklung Buncis, Angklung Kanekes, Ngajayak dan arak-arakan memeron atau replika binatang yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari hasil bumi. Tampak ribuan masyarakat menyaksikan setiap prosesi upacara adat Seren Taun Cigugur

BACA JUGA:Single Image

Upacara adat Seren Taun yang merupakan gelaran budaya tradisional masyarakat agraris Sunda yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali pada tanggal 22 Rayagung Tahun Saka Sunda yang kali ini jatuh pada tanggal 22 Juli. Upacara adat Seren Taun yang berarti menyerahkan tahun dapat diartikan sebagai penyerahan hasil panen yang baru dilewati serta memohon berkah dan perlindungan kepada Tuhan YME pada musim berikutnya. (fik) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: