Raih 7 Medali, Dua Atlet Asal Kuningan Berjaya di ASEAN Para Games 2022, Diguyur Bonus dari Pemkab

Raih 7 Medali, Dua Atlet Asal Kuningan Berjaya di ASEAN Para Games 2022, Diguyur Bonus dari Pemkab

Bupati Kuningan H Acep Purnama didampingi Ketua Kormi dan Ketua NPCI kabupaten Kuningan Dr Elon Carlan, memberikan uang pembinaan kepada dua atlet yang mengikuti ASEAN Para Games 2022. -Ist-

KUNINGAN, RADAR KUNINGAN - Membanggakan, Dua atlet asal Kabupaten KUNINGAN meraih medali pada ASEAN Para Games 2022 di Surakarta, Jawa Tengah, 30 Juli-6 Agustus 2022.

Kedua atlet yang berjaya di ASEAN Para Games 2022 asal Kuningan itu adalah, Tita Puspita dan Insan Nurhaida.

Tita Puspita penyandang tuna netra, atlet cabang olahraga catur meraih tiga medali emas, dan satu medali perak.

Sedangkan Insan Nurhaida, penyandang tuna daksa atlet cabang olahraga atletik meraih dua medali perak, dan satu medali perunggu.

BACA JUGA:Prabowo-Muhaimin Bakal Berkoalisi di Pilpres 2024, Berikut Respon Ketua DPC PKB Kuningan

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Kuningan, Dr Elon Carlan mengatakan, selama ini para atlet yang tergabung dalam NPCI berlatih di Stadion Mashud Wisnu Saputra untuk cabang atletik, sedangkan untuk atlet catur berangkat di level konvensional. 

Ketika para atlet ini berprestasi di tingkat provinsi, kemudian diserahkan ke NPCI untuk masuk camp.

“Untuk semua kecabangan, NPCI terus melakukan pencarian bibit atlet melalui Peparda. Dari hasil peparda tersebut akan menjadi tolok ukur untuk kita memiliki atlet di level nasional maupun internasional,” ujar Elon.

Sebagaimana diketahui, Level ASEAN Para Games 2022 ini setara dengan SEA Games 2021 Vietnam lalu. Artinya, satu medali emas akan diganjar dengan bonus Rp500 juta. 

BACA JUGA:Jelang Pelaksanaan Tour de Linggarjati, Azrul Ananda dan Johny Ray Jajal Cirebon-Kuningan

"Kami tidak membeda-bedakan jumlah bonus. Setara dengan SEA Games 2021 Vietnam," jelas Chandra Bhakti, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora RI.

Pemerintah Kabupaten Kuningan pun memberikan apresiasi  kepada Tita Puspita dan Insan Nurhaida, dengan memberikan bonus berupa uang pembinaan. 

Pemberian bonus uang pembinaan kepada dua atlet asal Kuningan itu, dilakukan secara seremonial di Kopi Lendot Mang Elon, Selasa 9 Agustus 2022.

Bupati Kuningan, H Acep Purnama mengatakan, Pemkab merasa bangga dengan prestasi dua atlet asal Kuningan itu yang telah mengharumkan nama bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: