KKNT Sosialisasi CTPS Antisipasi Bahaya Penyakit di SDN I Bayuning

KKNT Sosialisasi CTPS Antisipasi Bahaya Penyakit di SDN I Bayuning

KKNT LLDIKTI IV FOR RADAR CIREBON SOSIALISASI. Mahasiswa KKNT sosialisasi CTPS di SDN I Bayuning dalam rangka mengantisipasi bahaya penyakit.--

Radarkuningan.id, KUNINGAN - Menerapkan pola hidup bersih  sangat disarankan. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) misalnya. Kebiasaan kecil ini memang terlihat sepele, tapi berdampak besar bagi kesehatan tubuh.

Karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (KKNT LLDIKTI) IV Jawa Barat, Banten 2022 masuk ke ruang tersebut. Meningkatkan pengetahuan anak-anak.  

Salah satu fokus itulah yang menjadi pengabdian mahasiswa mensosialisasikan kegiatan CPTS. Target utamanya adalah,  Sekolah Dasar di Desa Bayuning, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

“Kami memiliki tujuan utama dalam program pengabdian yang dilakukan di Desa Bayuning. Yakni, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anak- anak tentang kesehatan CPTS. Sesuai dengan bidang keahlian yang kami pelajari di perguruan tinggi," kata Mahasiswa KKNT, Mashuri Aji Wijaya, Sabtu (13/8)

BACA JUGA:Kasus Pencabulan di Lebakwangi Tercium Orang Tua Korban dari Percakapan Mengarah Mesum

Ia menjelaskan, penyuluhan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di pendidikan anak SD ini fokus kegiatannya CTPS, sedangkan manfaat yang didapatkan bagi anak-anak agar mengenal pola hidup bersih dan sehat dengan baik dan benar.

Sebab, mengajarkan anak-anak akan pentingnya cuci tangan bukan hal yang mudah. Baik sebelum makan maupun setelah makan.

"Karena tangan yang tidak bersih menjadi media utama penularan berbagai macam penyakit. Bukan itu saja, tidak menjaga kebersihan tangan dengan baik membuat virus dan bakteri menempel dan bersarang," ucapnya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Bayuning, Didi Wahyudin SPd menuturkan, program PHBS melalui CTPS di sekolah yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT LLDIKTI IV Jawa Barat dan Banten ini bermanfaat sekali untuk mendorong pemahaman anak- anak agar membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun sebelum makan atau sesudah makan.

BACA JUGA:Makan Buah Salak Berlebihan Tidak Baik Untuk Tubuh, Berikut Ini Sakit yang Bisa Ditimbulkan

"Selain manfaat melakukan kegiatan CTPS tim pengabdian KKNT juga melakukan sosialisasi bahaya yang didapatkan anak- anak, jika tidak melakukan kegiatan cuci tangan pakai sabun. Diantaranya, mudah kena flu, diare, keracunan makanan, hepatitis A, terinfeksi bakteri E coli, penyakit cairan tubuh, dan impetigo," ungkapnya.

Sebaiknya, semua pihak tidak abai dengan kegiatan CTPS demi menjaga kesehatan pada tubuh kita dan daya tahan tubuh yang dimiliki.

BACA JUGA:10 OPD Berkinerja Buruk di Kabupaten Kuningan Dalam Pembinaan Tim Evaluasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: