Kejar 8 Kursi, PAN Siapkan Bacaleg Mumpuni

Kejar 8 Kursi, PAN Siapkan Bacaleg Mumpuni

Gedung DPD PAN Kuningan. (Agus Sugiarto)--

Radarkuningan.com, KUNINGAN- Gagal mempertahan jumlah kursi di DPRD Kuningan pada Pileg 2019, DPD PAN Kuningan langsung berbenah. Dari 8 kursi, partai berlambang matahari terbit itu kehilangan tiga kursi. Yakni Dapil Kuningan II, IV dan V, masing masing 1 kursi. Selain kehilangan kursi, PAN juga harus merelakan jabatan Wakil Ketua DPRD jadi milik partai lain.

 
Perubahan besar besaran di tubuh DPD PAN terjadi di tahun 2021. Ketua DPD yang semula dijabat Udin Kusnaedi harus beralih ke H Uba Sobari. DPP PAN memilih Uba karena dianggap mampu mengembalikan kejayaan di Pileg 2024 untuk Kuningan. Dipercaya sebagai ketua, Uba melakukan perubahan di jajaran struktural partai. 
 
 
Uba mengakui jika tanggung jawab dan tugasnya memajukan PAN cukup berat. Dia memerlukan kekompakan seluruh jajaran pengurus. Apalagi Pileg 2024 sudah di ambang mata. Sehingga semua pengurus harus benar benar bekerja keras mewujudkan kenaikan kursi di parlemen daerah.
 
Menurut dia, target kursi di Pileg nanti tentu berubah dibanding hasil Pileg lalu. Kehilangan tiga kursi jelas memaksa jajaran pengurus untuk bisa meraihnya kembali kursi yang hilang. Pihaknya intens melakukan koordinasi dengan jajaran pengurus partai.
 
 
"Kami menargetkan 8 hingga 9 kursi DPRD Kuningan. Jumlah ini realistis mengingat PAN pernah mencapai jumlah ini. Sehingga kami juga percaya diri. Dan kami juga sangat selektif dalam penjaringan bakal calon legislatif (bacaleg) agar hasilnya maksimal," papar Uba, Minggu 16 Oktober 2022.
 
 
Dia menambahkan, Dapil Kuningan II bisa disebut lumbung suara PAN. Dari dapil ini, PAN bisa meraih tiga kursi. Sayangnya, satu kursi hilang di Pileg 2019. Begitu juga Dapil Kuningan IV dan V, PAN kehilangan wakilnya di DPRD Kuningan. Dari dua dapil itu masing masing satu kursi. Yang masih tetap dua kursi Dapil Kuningan III," kata Uba. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: