KISAH WALI SONGO! Karya Sunan Kalijaga, Pencipta Seni Ukir Dedaunan, Lakon Jimat Kalimasada Jadi Sarana Dakwah

KISAH WALI SONGO! Karya Sunan Kalijaga, Pencipta Seni Ukir Dedaunan, Lakon Jimat Kalimasada Jadi Sarana Dakwah

Ilustrasi. Sunan Kalijaga disebut benyak memiliki kesaktian, diantaranya mampu berjalan di atas air.-Dzulham Fadholi-Radar Cirebon

RADAR KUNINGAN.COM - Sunan Kalijaga merupakan anggota dari Wili Songo yang memiliki ciri khas sendiri, cara berpakaian dan dakwah berbeda dengan para wali yang lain.

Kisah Wali Songo yang melekat pada diri Sunan Kalijaga, menjadikan kesenian lokal untuk sarana berdakwah menyebarkan agama Islam.

Selain itu, pakaian saat Sunan Kalijaga berdakwah, berbeda dengan yang lain, pakaian adat yang terkenal menjadi baju takwa, adalah salah satu ciri khas dirinya.

Selama menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, Sunan Kalijaga selalu menggunakan kesenian budaya Jawa dan meninggalkan banyak karya

BACA JUGA:KISAH WALI SONGO! Jadi Murid Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga Sempat Menetap di Cirebon

Bahkan di tempat-tempat tertentu, ajarannya tersebut masih dipelajari dan digunakan hingga zaman sekarang ini. 

Nah, berikut adalah beberapa karya dari Sunan Kalijaga yang sudah tak asing lagi di mata masyarakat Nusantara. Diantaranya.

Seni Wayang

Proses penyebaran agama Islam di masyarakat Jawa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga ini memanfaatkan kebudayaan setempat dalam bentuk wayang. 

BACA JUGA:KISAH WALI SONGO! Sunan Kalijaga Populer Disebut Ki Dalang Bengkok, Ikut Merancang Masjid Agung Cirebon

Sebelumnya, wayang kulit di Tanah Jawa ini selalu bersumberkan cerita akan Ramayana dan Mahabarata. 

Nah, untuk kepentingan dakwah ini, Sunan Kalijaga memberikan pertunjukan wayang dengan corak Islam sehingga muncul lakon wayang seperti Jimat Kalimasada, Dewa Ruci, dan Punakawan. 

Jimat Kalimasada adalah bentuk perlambangan dari kalimat syahadat, yang mana terdapat nyanyian Kidung Rumekso Ing Wengi.

Sunan Kalijaga menjadikan lakon wayang tersebut sebagai media dakwah penyebaran agama Islam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: