HATI-HATI, Tebing Jalan Lingkar Timur Kuningan Rawan Longsor

HATI-HATI, Tebing Jalan Lingkar Timur Kuningan Rawan Longsor

Tebing jalan lingkar timur rawan longsor dan pengguna jalan wajib hati hati saat melintas. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Pengguna jalan yang melintasi jalan lingkar timur (Jalintim), wajib hati hati. Terutama ketika berada di bawah tebing Jalintim di saat hujan deras. Sebab, kondisi tebing yang cukup tinggi berpotensi terjadinya longsor. 


Dari pantauan radarkuningan.com, kedua tebing di sisi kiri dan kanan Jalintim kemiringannya tidak terlalu landai.
 
Sebagian tanahnya mulai terkikis air hujan. Terlebih dari bagian atas tebingnya, air mengalir deras ke bawah saat hujan. Batu yang menempel di tebing juga mulai terlihat. Padahal sebelumnya masih terhalang tanah tebing.
 
 
Pihak Polres Kuningan sendiri sudah memasang plang yang berisi imbauan pengguna jalan untuk tidak menepi di bawah tebing. Plang pengumuman tersebut berada di beberapa titik di sepanjang jalintim tepatnya di sepanjang tebing.
 
Meski sudah ada plang larangan berhenti, namun banyak yang tak mengindahkannya. Pengendara motor masih nampak sering berhenti di bawah tebing, dan melakukan foto-foto. Biasanya itu dilakukan di hari libur. 
 
 
Somantri, warga Sangkanmulya, Kecamatan Cigandamekar, Kuningan mengingatkan pengguna jalan untuk tetap hati hati ketika berada di bawah tebing jalan baru. Itu disebabkan kondisi tanah tebing  yang rawan longsor.
 
"Kalau lihat tebingnya, ya cukup ngeri. Soalnya kelihatah tidak terlalu miring, agak berdiri tegak. Semoga saja tidak ambrol tebingnya. Jadi, pengguna jalan harus lebih hati hati ketika hujan dan melintas di jalur itu," ungkap Somantri, Selasa 21 Februari 2023.
 
 
Warga lainnya menerangkan bahwa ada kabar jalintim akan ditutup sementara karena ada pengupasan area tebing.
 
Informasi itu diperolehnya dari petugas PUTR yang kebetulan mampir di warungnya. 
 
"Yang saya dengar, jalan baru akan ditutup sementara karena tebingnya akan dikupas. Tapi saya enggak tahu kapan pelaksanaannya," ucap pemilik warung kopi di perempatan jalan baru Garatengah tersebut. (*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: