11 Pohon Besar di Depan SMPN 1 Kuningan Ditebang, Ditemukan Ada Saluran Air Tua

11 Pohon Besar di Depan SMPN 1 Kuningan Ditebang,  Ditemukan Ada Saluran Air Tua

Saluran air di depan SMPN 1 Kuningan sampai depan bank bjb dibongkar untuk dilebarkan. (Agus Sugiarto).--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Rasa teduh dan sejuk jika berada di depan SMPN 1 Kuningan sekarang tidak terasa lagi. Ini setelah Pemkab Kuningan memutuskan untuk menebang pohon-pohon di depan sekolah tersebut karena usianya sudah tua. Dikhawatirkan pohon pohon berukuran besar itu bisa saja tumbang jika tidak segera ditebang.

Totalnya ada 11 pohon yang terpaksa ditebang. Ukuran pohon itu juga cukup besar dan berdiri di sepanjang trotoar. Saat ditebang dan akarnya akan dicabut, ternyata akarnya menutupi saluran air yang berada di bawah trotoar. Usia saluran air diperkirakan sudah tua karena bentuk salurannya.
 
 
Saat ini, Bidang Bina Marga pada Dinas PUTR Kuningan sedang melakukan penataan kembali saluran air dan trotoar di depan SMPN 1 Kuningan. Panjang trotoar yang dibongkar yakni 200 meter. Pihak DPUTR terpaksa membongkar akar pohon berukuran besar menggunakan alat berat 
 
Kepala Sub Koordinasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada Dinas PUTR, Budi Heryadi menjelaskan, penebangan pohon dilakukan karena usia pohon yang sudah tua. Ditambah lagi kondisi batang pohon sudah meranggas sehingga dikhawatirkan tumbang dan membahayakan keselamatan masyarakat.
 
 
"Pohon yang ditebang ada 11 buah. Ukurannya lumayan besar. Kami khawatir, pohon itu tiba tiba tumbang. Apalagi sekarang curah hujan cukup deras disertai angin kencang. Nantinya, akan kembali ditanam pohon di sepanjang jalur tersebut," jelas Budi kepada radarkuningan.com.
 
Menurut Budi, kondisi gorong-gorong atau saluran air yang berukuran kecil sering menyebabkan air meluap menggenangi badan jalan. Terlebih saluran air itu sudah tua dan banyak sampah yang menumpuk di sepanjang gorong-gorong. 
 
 
"Kalau hujan deras, air tidak tertampung di saluran air karena lebarnya tidak memenuhi syarat. Karena itu, solusi pemecahannya yakni memperlebar gorong-gorong dan mengambil sampahnya," ujar Budi, Sabtu 1 April 2023. 
 
Perbaikan gorong-gorong dimulai dari depan SMPN 1 Kuningan sampai sungai Cilagadar di depan bank bjb Kuningan.
 
 
Selain membenahi saluran air, pihaknya juga akan menata ulang trotoar yang sudah dibongkar. Saluran juga sudah sudah tersumbat akar pohon. 
 
"Gorong-gorong diperlebar dan diperdalam. Kesulitan kami saat penggalian yaitu adanya pipa PDAM dan kabel-kabel optik. Tapi sekarang sudah teratasi semua. Sebelum Lebaran, Insya Allah pengerjaannya selesai," pungkas Budi. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: