Ini Hasil Sidang Isbat Kemenag, Idul Fitri Jatuh Pada Hari Sabtu 22 April 2023

Ini Hasil Sidang Isbat Kemenag, Idul Fitri Jatuh Pada Hari Sabtu 22 April 2023

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H melalui Sidang Isbat yang dilaksanakan pada, Kamis 20 April 2023.

Hal tersebut diputuskan berdasarkan sidang isbat yang menyatakan kriteria hilal yang tidak memenuhi syarat MABIMS dan tidak ada satu pun yang melihat hilal di lokasi pemantauan.

BACA JUGA:PUI Kuningan Putuskan Puasa sampai Kamis, Perayaan Hari Lebaran Manut Keputusan Pemerintah

Secara mufakat memutuskan bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada Hari Sabtu, 22, April," kata Menag.

Ada alasan tersendiri, kenapa Sidang Isbat justru dilaksanakan pada hari ini. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menjelaskan, Sidang Isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023.

BACA JUGA:ASYIK, Rokhmat Ardiyan Diajak Paguyuban Dewiku Berbagi Takjil sampai Makan Pecel di Pinggir Jalan

Hasil hisab dan rukyatul hilal ini kemudian dibahas dalam sidang isbat untuk kemudian ditetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal.

Berdasarkan data hisab, pada hari Kamis, 29 Ramadan 1444H / 20 April 2023 M, posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk dengan ketinggian antara 0 derajat 45' (0 derajat 45 menit) sampai 2 derajat 21,6' (2 derajat 21,6 menit) dengan sudut elongasi antara 1 derajat 28,2' (1 derajat 28,2 menit) sampai dengan 3 derajat 5,4' (3 derajat 5,4 menit).

BACA JUGA:Balong Tepi Sawah, Zamzam Pool Premium Kuningan Buka Perdana di Libur Lebaran

Kementerian Agama, kata Kamaruddin, juga melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi.

Kemenag menurunkan tim ke 123 titik lokasi di seluruh Indonesia. Mereka akan melaporkan, apakah pada hari itu hilal terlihat ataukah tidak.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH Sopir Selamat, Mobil Carry Oleng dan Hantam Pohon Besar

Di Jawa Barat pemantauan hilal dilaksanakan di Pasirlasih Pangandaran, Cipatujah Kab Tasikmalaya, Pondok Bali Kab Subang, Pantai Santolo Kabupaten Garut, UNISBA, Pantai Baro Gebang Kabupaten Cirebon, POB Cibeas Kabupaten Sukabumi, Observatorium Bosscha, SMA Astha Hannas Kabupaten Subang, POB Gunung Putri Sukamanah Pataruman Kota Banjar dan Imah Noong Kabupatrn Bandung Barat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: