TERANCAM PUTUS, Tebing Tanjakan Karangmangu Jalintim Kuningan Longsor, Kementrian PUPR Langsung Kirim Pekerja

TERANCAM PUTUS, Tebing Tanjakan Karangmangu Jalintim Kuningan Longsor, Kementrian PUPR Langsung Kirim Pekerja

Tebing Penahan Tanah (TPT) di tanjakan Karangmangu ruas jalan lingkar timur (Jalintim) Kuningan longsor akibat hujan deras. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Tebing Penahan Tanah (TPT) di tanjakan Karangmangu ruas jalan lingkar timur (Jalintim) Kuningan longsor akibat hujan deras. Sebenarnya, longsor di tanjakan ini sudah terjadi sejak dua pekan lalu.

Lokasi longsor berada tepat sebelum tanjakan Karangmangu dari arah Ancaran. Sejumlah pekerja sedang berjibaku mengatasi tebing longsor dengan memassng bronjong berisi batu.

BACA JUGA:Target 12 Kursi, Daftar Tanggal 12, Hari Ini Giliran PAN Kuningan Angkut 50 Bacaleg ke Kantor KPU

 
Dari pantauan radarkuningan.com, bahu jalan yang tergerus longsor panjangnya mencapai 40 meteran dengan lebar sekitar tiga meteran. Bahkan tanah di sisi badan jalan juga terbawa longsor.
 
Sebanyak 9 pekerja berasal dari Kabipaten Majalengka nampak sedang berusaha memperbaiki tebing dengan cara memasang bronjong berisi batu. 
 
Ketinggian tebing yang runtuh diperkirakan sekitar 20 meter. Di bawahnya mengalir sungai yang airnya lumayan deras. Tak jauh dari lokasi tebing yang longsor, terdapat rumah makan.
 
Terlihat juga tiang cor pagar pengaman atau gadril menggantung lantaran tanah di bawahnya ambrol. Jika tidak segera diperbaiki, badan jalan juga terancam longsor akibat hujan deras.
 
 
 
"Sebenarnya kejadian longsornya sudah lama, sekitar dua mingguan. Tapi ketika hujan deras beberapa hari lalu, area longsoran semakin besar," kata Aisyah, wanita pengeloka warung yang lokasinya tak jauh dari tebing longsor, Jumat 12 Mei 2023.
 
Dia menceritakan, semula terjadi longsor berskala kecil yang membuat tebing runtuh, dua minggu lalu. Namun karena sering terjadi hampir saban hari, titik longsor semakin luas. Hingga akhirnya bahu jalan terbawa longsor.
 
"Saya kan setiap hari ada di warung. Jadi sering melihatnya. Tadinya longsor kecil, sekarang cukup panjang," ujar Aisyah.
 
 
Seorang pekerja, Aji mengaku sudah empat hari melakukan perbaikan tebing yang longsor. Pria yang mengaku asal Kertajati, Kabipaten Majalengka tersebut bersama pekerja lainnya diperintahkan untuk mengatasi tebing yang longsor dengan memasang bronjong. 
 
"Saya dan teman hanya diperintahkan untuk bekerja memperbaiki tebing yang longsor. Kelihatannya tanjakan ini saat dibangun menggunakan tanah urugan. Soalnya di bawahnya ada gorong-gorong. Kalau pakai jembatan, enggak mungkin tebingnya longsor," sebut Aji.
 
 
 
Ruas Jalintim dari Garatengah sampai Ancaran, sejak dioperasikan tahun 2022 lalu saat ini termasuk jalan nasional. Jalintim berada di bawah kewenangan dan pengawasan Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pengelolaan Jalan Nasional DKI Jakarta- Jawa Barat. (Agus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: