35 Desa Wisata di Jawa Barat Raih Anugerah, Tak Ada Nama Desa dari Kabupaten Kuningan

35 Desa Wisata di Jawa Barat Raih Anugerah, Tak Ada Nama Desa dari Kabupaten Kuningan

WISATA UNGGULAN: Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkraf) Sandiaga Uno berkunjung ke sejumlah desa wisata unggulan di Jabar yang meraih ADWI 2023.--

BANDUNG, RADARKUNINGAN.COM- Jumlah desa wisata di Kabupaten Kuningan cukup banyak. Namun untuk tahun ini, tak satu pun desa wisata yang ada di Kabupaten Kuningan masuk nominasi sebagai penerima anugerah.
 
Pada tahun ini, sebanyak 35 desa wisata di Jabar masuk 500 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 minus desa wisata dari Kuningan. Tujuh di antaranya masuk kategori 75 besar desa wisata unggulan di Indonesia. 
 
 
 
Diketahui ada sebanyak 4.573 desa wisata yang mendaftar ADWI 2023 dari seluruh provinsi di Indonesia. Setelah dikurasi menghasilkan 500 besar desa wisata terbaik menurut kriteria yang sudah ditentukan panitia ADWI.
 
Ketujuh desa wisata tersebut yakni Desa Cibeusi, Kabupaten Subang yang memiliki tempat wisata Ciater. Berkat keindahan alamnya yang masih terjaga, mulai dari curug, hutan, hingga area outbond, pemandian air panas Ciater ini dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di Jabar. 
 
Kedua Desa Purwabakti di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Pemerintah desa setempat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berhasil menciptakan pariwisata tematik berupa edukasi dan budaya. Kondisi alamnya sangat indah disertai dengan wisata budaya berupa sedekah bumi dan panen raya tiap tahunnya.
 
 
 
Ketiga, Desa Astana di Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Desa ini masuk 75 besar ADWI 2023 bukan karena keindahan alam yang disuguhkan. Melainkan keindahan sejarahnya. Keempat, Desa Selamanik di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Wisata di desa ini berbasis lingkungan yang meliputi pertanian dan perikanan. Selain itu, potensi wisata lainnya berupa kebudayaan masyarakat setempat yang masih dilestarikan.
 
Kelima Desa Taraju di Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya. Desa Taraju berhasil masuk 75 besar ADWI 2023 dengan berbagai potensi wisata alam dan budaya yang memukau. Bentang alamnya berupa perkebunan teh sangat memanjakan mata ditambah kebudayaan masyarakat yang masih terjaga.
 
Keenam Desa Bantaragung di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Berdiri di kaki Gunung Ciremai, desa ini dianugerahi keindahan alam dan lahan pertanian yang subur. Selain itu, potensi wisata di desa ini ada bentuk ritual adat seperti Nyura, Safar, Seba, hingga Marak Lauk. Terakhir, Desa Baros.
 
 
 
Lokasi Desa Baros berada di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Potensi wisata Desa Baros sangat besar karena memiliki Hutan Pinus Mega Tutupan, Sungai Citalutug, dan area persawahan. Akses ke Desa Baros juga sangat mudah karena bisa dilalui oleh bus ukuran medium.
 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan kondisi terkini pengelolaan tempat wisata di Jawa Barat. Pihaknya menyebut lebih dari 20 titik pariwisata telah diperbaiki. 
 
"Sehingga tahun ini pada saat Covid-nya beres, masyarakat jadi banyak pilihan untuk berwisata di tempat tempat yang dulu mungkin hanya ke satu titik," kata Gubernur Ridwan Kamil.
 
 
 
Sebut saja objek wisata pada mudik Lebaran 2023 yang semakin bervariasi. Sehingga pemudik memiliki banyak alternatif untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Variasi objek wisata membuat konsentrasi orang tidak hanya di satu titik tapi terpencar, sehingga kemacetan terurai dengan sendirinya.
 
Ia menegaskan, pariwisata Jabar tidak banyak diwarnai berita viral yang negatif. Hal ini menandakan revitalisasi pariwisata di Jabar berhasil. "Memonitor pariwisata juga sangat ramai tapi terkendali. Kan enggak banyak viral-viral negatif selama pariwisata," ujar Ridwan Kamil.
 
Gubernur berharap dengan dilakukan perbaikan atau revitalisasi tempat pariwisata, maka hal itu bisa menjadi penguat bagi pemerintah daerah setempat sebagai daerah yang fokus pada ekonomi pariwisata.
 
 
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar menyampaikan rasa bahagia dan bangga terhadap potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Jawa Barat. "Ini memang yang kita harapkan. Potensi yang begitu besar di Jawa Barat tentunya kesadaran masyarakatlah yang bisa membangun desa secara ekonomi," ujar Benny.
 
Lebih lanjut Benny mengatakan saat ini industri manufaktur beralih kepada teknologi. Tentunya membuat lapangan pekerjaan semakin sulit. Karenanya Gubernur Jawa Barat membuka sederet program seperti Petani Milenial dan Desa Wisata agar masyarakat tidak perlu mencari peluang kerja di luar daerahnya.
 
"Poinnya adalah lahan produktif tidak boleh beralih fungsi. Tapi bagaimana lahan produktif ini bisa memiliki nilai tambah ekonomi. Makanya desa wisata inilah sebetulnya salah satu bagian dari bagaimana mengembangkan ekonomi sehingga masyarakatnya tidak usah berurbanisasi. Tapi di desanya mereka bisa berdaya. Maka ada jargon hidup di desa, rezeki di kota, bisnis mendunia, melalui teknologi digital," katanya. (*)
 
 
 
35 Desa Wisata Unggulan Jabar ADWI 2023
 
1. Desa Wisata Kasomalang Kulon, Subang
2. Desa Wisata Kawungluwuk, Subang
3. Desa Wisata KWK Cigadung, Kota Bandung
4. Desa Wisata Kampung Wisata Binong, Kota Bandung
5. Desa Wisata Baros, Kab. Bandung
6. Desa Wisata Cikahuripan, Bandung Barat
7. Desa Wisata Rajamandala Geosite, Bandung Barat
8. Desa Wisata Cimacan, Cianjur
9. Desa Wisata Putridalem, Majalengka 
10. Desa Wisata Bantaragung, Majalengka
11. Desa Wisata Situ Cangkuang, Garut
12. Desa Wisata Sindangkasih, Garut
13. Desa Wisata Adat Ngarot, Indramayu
14. Desa Wisata Cangkingan, Indramayu
15. Desa Wisata Kertayasa, Pangandaran
16. Desa Wisata Parakanmanggu, Pangandaran
17. Desa Wisata Cimindi, Pangandaran
18. Desa Wisata Religi Astana, Kab. Cirebon
19. Desa Wisata Bojong Honje, Purwakarta
20. Desa Wisata Selamanik, Ciamis
21. Desa Wisata Sunge Jingkem, Kab. Bekasi
22. Desa Wisata Perca, Kota Bogor
23. Desa Wisata Mulyaharja, Kota Bogor
24. Desa Wisata Tugu Utara, Kab. Bogor
25. Desa Wisata Purwabakti, Kab. Bogor
26. Desa Wisata Sirnamakmur Sirnajaya, Kab. Bogor
27. Desa Wisata Bojongkulur, Kab. Bogor
28. Desa Wisata Cibeusi, Subang
29. Desa Wisata Cibuluh, Subang
30. Desa Wisata Pasanggarahan, Subang
31. Desa Wisata Religi Dayeuhluhur, Sumedang
32. Desa Wisata Rancakalong, Sumedang
33. Desa Wisata Taraju, Kab. Tasikmalaya
34. Desa Wisata Puspamukti, Kab. Tasikmalaya
35. Desa Wisata Goa Macan, Kab. Cirebon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: