Biar Pedagang dan Pembeli Nyaman Berbelanja, Pemkab Kuningan Bakal Rombak Total Pasar Darma

Biar Pedagang dan Pembeli Nyaman Berbelanja, Pemkab Kuningan Bakal Rombak Total Pasar Darma

Pedagang Pasar Darma yang akan direvitalisasu sedang mengikuti sosialisasi, Rabu 31 Mei 2023 --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Pemkab Kuningan bakal merevitalisasi Pasar Darma mulai bulan Juli mendatang.

Untuk melancarkan rencana tersebut, Bupati Kuningan H Acep Purnama dan Kepala Diskopdagperin, U Kusmana bertemu langsung dengan pedagang Pasar Darma, Rabu 31 Mei 2023. Lokasi pertemuan di Aula Serbaguna Desa dan Kecamatan Darma.

Revitalisasi Pasar Darna ini tidak terlepas dari hasil kerjasama Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan dengan Dana Tugas Pembangunan Kementerian Perdagangan RI 

BACA JUGA:Tips Berkendara, Ini Cara Berkendara dengan Motor Matik Saat Lewati Tanjakan dan Turunan

BACA JUGA:Kiprah Hanyen Tenggono, Pengusaha Muda Kuningan, Dirikan Yayasan HTC untuk Bantu Masyarakat

Selama proses revitalisasi, para pedagang akan ditempatkan di halaman kantor Balai Desa Darma. Direncanakan Pasar Darma dibangun dua lantai dilengkapi aneka fasilitas pendukung untuk kenyamanan pedagang dan pengunjung. 

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) Kabupaten Kuningan, U Kusmana menerangkan revitalisasi pasar ini bertujuan agar keberadaan Pasar Darma menjadi tertata rapi.

Sehingga jauh dari kesan kumuh dan becek, serta membuat pasar rakyat ini dapat dikunjungi semua orang tanpa melihat batasan umur baik tua maupun muda, 

"Revitalisasi ini mengusung konsep yang modern pada tempat, fasilitas, kontruksi bangunannya dan menambah ruang usaha bagi masyarakat. Kedepannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, yang berimbas dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), dan juga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat," papar U Kusmana di hadapan para pedagang, Rabu 31 Mei 2023..

BACA JUGA:Konsisten Dorong Aspek ESG, Bank Mandiri Perkuat Kolaborasi dengan Volta, MCAS Group

BACA JUGA:Touring ke Mandalika Dengan Yamaha Fazzio Hybrid-Connected, Lady Biker Tetap Tampil Fashionable.

Terkait pelaksanaan pembangunan, Uu, panggilan akrabnya mengatakan,  pelaksanaan revitalisasi diagendakan dimulai bulan Juli dan selesai selama 150 hari kalender.

"Pasar Darma dibangun 2 lantai dengan total 45 ruang bangunan revitalisasi dengan konsep modern. Bangunan pasar  terdiri dari kios, toilet, kantor pengelola, ruang laktasi dan blok pujasera," jelas Uu.

Sedangkan Bupati Acep mengatakan, saat ini daya saing, keberadaan dan peran pasar rakyat mengalami penurunan seiring dengan pesatnya perkembangan ritel atau toko modern.

“Tak bisa disangkal, akhir-akhir ini sebagian masyarakat sudah meninggalkan pasar rakyat karena pasar rakyat identik dengan becek, kusam dan kumuh. Sebagian masyarakat malah berpaling ke pusat perbelanjaan atau toko modern yang bersih dengan menyediakan fasilitas keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja," papar Acep.

BACA JUGA:Diiringi Isak Tangis Keluarga dan Dilepas Bupati Kuningan, 366 Calon Haji Kloter 3 Diberangkatkan

BACA JUGA:Meriah, Ajang bLU cRU Yamaha Enduro Challenge di Yogyakarta Jadi Pusat Perhatian Pecinta Yamaha

Dengan adanya revitalisasi pasar ini, diharapkan mampu menarik kembali konsumen supaya mau belanja ke pasar rakyat .

“Dengan makin ramainya pasar, tentu omzet pedagang akan naik dan kesempatan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan berkembang semakin luas," katanya 

Program revitalisasi ini sebagai upaya untuk mengubah paradigma masyarakat terhadap pasar rakyat. Dimana selana uni konotasinya tak aman dan tidak nyaman untuk berbelanja. 

"Untuk itu saya meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. Terutama pedagang Pasar Darma yang terkena dampak program revitalisasi ini agar dapat mendukung kegiatan ini," harap bupati. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: