Pilkades Serentak Tanpa Insiden, Kepala DPMD Kuningan: Berkat Kerja Keras Tim Pengamanan, Panitia dan Warga

Pilkades Serentak Tanpa Insiden, Kepala DPMD Kuningan: Berkat Kerja Keras Tim Pengamanan, Panitia dan Warga

Kepala DPMD Kuningan, H Dudi Pahrudin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga pelaksanaan Pilkades Serentak berjalan lancar. (Agus Sigiharto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Perhelatan pesta demokrasi enam tahunan, Pilkades Serentak Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah tuntas. Para kepala desa terpilih masih harus menunggu pelantikan yang dijadwalkan tangga 3 Oktober 2023.

Pilkades Serentak di Kabupaten Kuningan selanjutnya baru akan digelar pada tahun 2025 mendatang. Penyelenggaraan pilkades sendiri dilakukan di tahun ganjil. 

BACA JUGA:5 Tempat Kuliner di Kecamatan Jalaksana Kuningan, Ada Empal Kepala Kambing Legendaris Jamaha, Harga Terjangkau

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kuningan, H Dudi Pahrudin menjelaskan, 94 desa yang tersebar di 31 kecamatan sudah memiliki kepala desa terpilih.

Meski banyak calon kepala desa yang maju, namun secara keseluruhan pelaksanaan Pilkades Serentak berjalan lancar.

"Sampai hari ini tidak ada kejadian sebelum atau pasca pemungutan suara. Kondisi di setiap desa penyelenggara sangat terkendali. Peran petugas pengamanan sangat terasa, sehingga seluruh tahapan berjalan lancar," papar Dudi Pahrudin, Selasa 8 Agustus 2023.

BACA JUGA:Banyak Pemilih Inget Ka Mantan, Cakades Petahana Tak Semuanya Berjaya di Pilkades Serentak Kuningan

Karena itu, Dudi atas nama Pemkab Kuningan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Satpol PP, Polres, Brimob dan Kodim Kuningan.

Begitu juga kepada Linmas dan Panitia Pemilihan Desa, Kecamatan serta PPS.

"Peran serta tim pengamanan sangat luar biasa. Mereka bekerja keras menyukseskan pemungutan suara. Alhamdulillah tidak terjadi insiden apapun," kata Dudi.

Dia mengakui, dalam pengamanan pemungutan suara juga melibatkan pasukan Brimob.

BACA JUGA:Pendaki yang Hilang Sudah Ditemukan, Kepala BPBD Kuningan: Dafiar Turun Lewat Jalur Pendakian Bandorasa Kulon

Ini dilakukan sebagai antisipasi mencegah gejolak di lapangan. Tim pengaman dari Brimob diterjunkan ke lokasi ysng rawan gangguan kamtibmas.

"Selain dari Polres dan Kodim, petugas pengamanan ada yang berasal dari Brimob. Mereka sudah kerja keras menyukseskan acara pilkades," terang Dudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: