Pengalaman Factory Visit Yamaha, Proses Produksi Hasilkan Produk Berkualitas Unggulan

Pengalaman Factory Visit Yamaha, Proses Produksi Hasilkan Produk Berkualitas Unggulan

Keunggulan line up motor di berbagai segmen yang diproduksi PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mendukung kehidupan berkendara konsumen dalam beraktivitas harian maupun kegemaran lainnya.--

Selain menyaksikan langsung proses produksi berstandar global, media dan blogger juga menaruh perhatian pada rangka motor yang merupakan komponen penting karena berhubungan dengan segi keselamatan berkendara.

Ada tiga jenis rangka yang terdapat pada motor-motor Yamaha yaitu delta box, underbone dan diamond.

BACA JUGA:Ini 12 Ruas Jalan Kabupaten di Kuningan yang Didanai Bantuan Provinsi, Dikerjakan Rekanan Pemenang Tender

Rangka delta box terdapat pada model Vixion, R15, MT15, XSR 155 yang merupakan motor sport favorit konsumen. Keunggulan delta box yaitu dibuat dengan mengadopsi teknologi balap Yamaha, material ringan, kokoh dan stabil untuk bermanuver.

Sedangkan untuk motor-motor matik Yamaha memiliki rangka underbone yang durabilitasnya tinggi, kokoh dan minim getaran, ringan dengan handling yang baik.

Tipe rangka yang lainnya adalah diamond dapat ditemui pada R25 dan MT25, rangka diamond juga memiliki durabilitas tinggi serta kokoh dan stabil untuk bermanuver. 

Proses pembuatan rangka Yamaha terdiri dari tiga tahap yaitu pembentukan, pengelasan, pengecatan CED (Cathodic Electro Deposition).

BACA JUGA:Anggaran Minim, Proyek Infrastruktur di Kuningan Mandek, Kabag Pembangunan Jarang Teken Berkas Proyek

Guna memastikan kualitas rangka Yamaha, dilakukan pengujian internal secara berkala sesuai standar Yamaha (hanya untuk unit yang masih diproduksi oleh YIMM).

Jenis pengujian yaitu uji bensin, uji asam, uji minyak rem, uji ketahanan korosi dengan metode Salt Spray Test (SST) dan memastikan ketahanan dengan menjalankan uji daya tahan puluhan ribu kilometer.

Tidak hanya memperhatikan kualitas rangka dalam produksi di pabrik, Yamaha juga memberikan garansi rangka dan body part selama 1 tahun atau 12.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dulu).

BACA JUGA:Begini Penampakan Jalan Cipasung-Subang yang Lagi Dihotmik, Anggarannya Rp33 Miliar dari APBN RI Tahun 2023

Garansi dapat diklaim oleh konsumen di dealer-dealer resmi Yamaha dimana Service Advisor akan melakukan pengecekan motor. Yamaha akan mengganti rangka motor secara gratis jika kerusakan bagian tersebut bukan disebabkan oleh konsumen.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: