KEREN, Jalan Baru Cipari-Cisantana Kuningan Dikebut Pembangunannya, Begini Penampakannya

KEREN, Jalan Baru Cipari-Cisantana Kuningan Dikebut Pembangunannya, Begini Penampakannya

Rekanan pemenang tender terus melakukan pengerjaan pembangunan jalan baru Cipari-Cisantana yang ditarget rampung Desember 2023. (foto bbjn dki jakarta jawa barat)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Awal tahun, akses menuju kawasan wisata Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan, Jawa Barat, semakin mudah untuk kendaraan besar. Sebab, ruas jalan baru Cipari-Cisantana dipastikan sudah selesai pengerjaannya 

Ruas jalan baru ini bertemu dengan ruas jalan lama Cigugur-Cisantana, tepat di bawah RM Bubulak. Untuk badan jalan sendiri lebarnya mencapai 7 meter dilengkapi saluran air dan bahu jalan. Sehingga memudahkan kendaraan besar seperti bus sampai Palutungan.

BACA JUGA:Jalan Lingkar Utara, Proyek Dua Daerah untuk Atasi Macet di Jalan Nasional Kuningan-Cirebon

Berdasarkan data dari BBPJN DKI Jakarta- Jawa Barat, penanganan Jalan Daerah di Jawa Barat tidak hanya tentang preservasi jalan saja tetapi ada juga pembangunan jalan baru.

Salah satunya ada di Kabupaten Kuningan tepatnya di ruas jalan Cipari - Cisantana sepanjang 2.21 km. 

Pada tahun 2023, ruas jalan Cipari - Cisantana mendapatkan porsi penanganan jalan daerah sesuai Instruksi Presiden Jokowi Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah yang merupakan daerah kawasan wisata gunung Ciremai. 

Sehingga diharapkan pada akhir tahun 2023 nanti ruas jalan Cipari - Cisantana dapat terkoneksi dengan jalan nasional. 

BACA JUGA:Rencana Pembangunan Jalan Tol Kuningan, Begini Respon Anak Buah Prabowo Subiyanto di Parlemen Daerah

Sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Kuningan. Pembangunan ruas jalan Cipari - Cisantana oleh PPK 3.4 Jawa Barat dimulai pada awal bulan September 2023.

Dengan penanganan konstruksi perkerasan jalan berupa Lapis Pondasi Aggregate Kelas A dan Kelas B serta Hotmix AC-WC dan AC-BC berikut dengan penataan saluran drainase di ruas jalan tersebut. 

Seluruh pekerjaan ditargetkan akan rampung pada akhir Desember 2023.

Sehingga bisa menunjang potensi wisata yang ada sekaligus dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Rawan Longsor, Bukit Kembar Jalintim Segera Dipapas, Kabid Bina Marga: SPK Sudah Dipegang Kontraktor

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi mengatakan, progres pembangunan jalan baru Cipari-Cisantana terus mengalami peningkatan setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: