Pengurus BPD Suarakan Tuntutan Kenaikan Honor, Ketua PABPDSI Kuningan: Anggaran BPD Hanya 5 Persen

Pengurus BPD Suarakan Tuntutan Kenaikan Honor, Ketua PABPDSI Kuningan: Anggaran BPD Hanya 5 Persen

Suara tuntutan kenaikan honor Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terdengar dari Aula Hotel Ayong Linggarjati, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, Sabtu 28 Oktober 2023. (Bubud Sihabudin)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Suara tuntutan kenaikan honor Anggota Badan Permusyawaratan Desa  (BPD) terdengar dari Aula Hotel Ayong Linggarjati, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, Sabtu 28 Oktober 2023.

Di aula ini berkumpul pengurus dan anggota BPD se Kabupaten Kuningan yang sedang mengikuti bimbingan teknis atau bimtek.

BACA JUGA:Wakil Bupati Kuningan Ucapkan Terima Kasih, Janji Tuntaskan Pekerjaan sampai Akhir Masa Jabatan

Acara ini dihadiri Ketua Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia atau PABPDSI Jawa Barat, Bintang MDS dan Bupati Kuningan, H Acep Purnama.

Ketua PABPDSI dan bupati memberi perhatian terkait upaya peningkatan honor dan kesejahteraan anggota BPD. 

Bintang mengatakan, saat ini kondisi finansial BPD se Jawa Barat berupa upah, tunjangan maupun anggaran BPD dinilai sangat minim.

Padahal tanggung jawab yang diemban BPD cukup berat dalam mengawasi pengelolaan dan pembangunan di desa.

BACA JUGA:Pinton Seni Murangkalih di SDN 17 Kuningan Meriah, Ada Kolaborasi Rampak Angklung dan Tari Ringkang Gumiwang

"Seluruh BPD di Jawa Barat merasakan hal yang sama yakni anggaran yang dialokasikan pemdes setiap tahunnya sangat minim. Seharusnya, honor yang layak bagi BPD bisa dilakukan dengan meningkatkan pendapatan asli desa atau PADes," tegas Bintang, Sabtu 28 Oktober 2023.

Terlebih BPD dituntut harus visioner dan bersinergis bersama pemerintah desa dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Antara lain membangun kekuatan ekonomi desa, membangun pendidikan, sehingga desa terus berkembang menjadi desa maju atau mandiri.

BACA JUGA:Begini Cara Kepala Disdikbud Kuningan Pacu Kinerja, Koorwil Pendidikan Wajib Teken Fakta Integritas

Hal serupa disampaikan Ketua PABPDSI Kabupaten Kuningan, Yayat Supriatna. Yayat menjelaskan, besaran anggaran untuk BPD hanya sekitar 5 persen dari PADes.

Cara meningkatkan pades ini banyak dilakukan di Kabupaten Kuningan. Salah satunya dengan geliat unit usaha BUMDes diberbagai sektor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: