Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95: Bersama Majukan Indonesia Menuju Masa Depan Gemilang

Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95: Bersama Majukan Indonesia Menuju Masa Depan Gemilang

MENCABUT TTRISULA: Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH mencabut Trisula sebagai tanda ditutupnya kegiatan Pengembangan Kapasitas SDM Kepramukaan Tingkat Daerah Kabupaten Kuningan, usai Upacara Hari Sumpahj Pemuda ke-95 di Open Space Linggarjati, Sabtu (2-ist-

RADARKUNINGAN.COM - Perayaan ke-95 Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 di Kabupaten Kuningan telah sukses dilaksanakan dengan meriah. Acara inti upacara berlangsung di Open Space Galery Linggarjati pada Sabtu (28/10/2023) dan dihadiri oleh berbagai pejabat dan tamu undangan, termasuk Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya, Bupati Acep Purnama membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Tema yang diangkat dalam peringatan tahun ini adalah "Bersama Majukan Indonesia", yang ditandai dengan logo barisan manusia dan penuh warna, yang melambangkan keberagaman suku, bahasa, dan budaya. Keanekaragaman ini menjadi sumber kekuatan bagi upaya memajukan Indonesia.

BACA JUGA:Komitmen Lindungi Identitas Bangsa, Kemendikbudristek Tetapkan 213 WBTB dan 19 Cagar Budaya Nasional

Bupati Acep dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Republik Indonesia telah memberikan peluang partisipasi yang luas bagi generasi muda dalam mewujudkan harapan masa depan bangsa. Inklusivitas dalam kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa pemuda dan pemudi saat ini memainkan peran penting dalam Pembangunan Nasional.

Namun, perkembangan teknologi dan arus informasi yang cepat juga menimbulkan kesenjangan antargenerasi dalam penguasaan teknologi dan informasi. Penguasaan teknologi, informasi, dan literasi digital oleh pemuda Indonesia menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan serius.

BACA JUGA:Hibah Pilkada Serentak 2024 Diteken, Ketua TAPD Pemkab Kuningan: KPU Rp33,5 Miliar, Bawaslu Rp10 Miliar

Untuk itu, setiap pemuda perlu memiliki visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berjalan dengan lebih cepat. Strategi yang paling efektif adalah dengan saling tolong-menolong antargenerasi dan gotong royong lintas sektor.

“Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor”, ujar Bupati Acep.

Bupati Acep memberikan pesan kepada para pemuda untuk tetap menjadi generasi yang membanggakan orang tua dan guru, dengan menjunjung tinggi budi pekerti dan sopan santun yang merupakan bagian dari budaya bangsa.

BACA JUGA:Sepekan Dibuka, Open Bidding di Kabupaten Kuningan Belum Ada Peminat

Indonesia sedang berusaha mencapai Indonesia emas pada tahun 2045, dan para pemuda akan memegang kendali atas perubahan bangsa menjadi bangsa adidaya di dunia.

Oleh karena itu, dia mengajak mereka untuk meraih masa depan dengan gemilang, menjauhkan diri dari narkoba yang dapat merusak masa depan yang berharga, dan menolak untuk terlibat dengannya.

Setelah acara upacara selesai, dilanjutkan dengan penutupan kegiatan Pengembangan Kapasitas SDM Kepramukaan Tingkat Daerah Kabupaten Kuningan, yang ditandai dengan pencabutan Trisula oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH.

BACA JUGA:Ribuan Bilik Suara Pemilu 2024 Tiba di KPU Kabupaten Kuningan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: