PT KAI Daop 3 Cirebon Sering Ditanya Kapan Bangun Kereta Api ke Bandara Kertajati, Begini Jawabannya
PT KAI Daop 3 Cirebon menanggapi wacana terkait pembangunan jalur kereta api dari Cirebon ke Bandara Kertajati.-Yuda Sanjaya-radarkuningan.com
BACA JUGA:Soal Kereta Bandara Kertajati dari Cirebon, PT KAI Daop 3 Siap, Tapi...
Diungkapkan Dicky, sejauh ini memang belum ada pembahasan terkait transportasi kereta api dari Cirebon ke Bandara Kertajati.
Bahkan belum ada pembahasan antara pemerintah, PT KAi maupun dari kementerian terkait.
Sementara itu, berdasarkan sejumlah sumber sejarah yang didapatkan radarkuningan.com, Jalur Kereta Cirebon Kadipaten ternyata melintasi area sekitar Jalan Pantura dan Jalan Raya Cirebon Bandung.
Trase jalur Kereta Cirebon Kadipaten diawali dari Kedawung 1+605, lanjut ke Tengahtani Km 5+693, Pasalaran Km 7+477, Plumbon Km 11+014, Jamblang km 13+269, Jamblang Pasar Km 14+014.
Kemudian terdapat jalur di Jamblang Pecinan tetapi tidak diketahui pada posisi km berapa, begitu juga di Klangenan tidak diketahui ada di posisi km berapa. Jalur ini juga memiliki percabangan ke Km 0+000 Gunung Giwur.
Berikutnya Palimanan Km 16+050, Kedungbunder Km 19+097, Ciwaringin Km 22+200, Prapatan Km 24+866, Bongas Km 29+212, Palasah Km 32+270. Cibolerang Km 36+200, Jatiwangi Km 36+931.
Kemudian Baturuyuk Km 40+700, Kasokandel Km 43+100, Cideres Km 45+608 dan Kadipaten Km 48+575.
Jalur kereta api ini menghubungkan 2 stasoun yakni Stasiun Cirebon SCS dan Stasiun Kadipaten, Kabupaten Majalengka yang dibangun oleh Semarang Cheribon Stoomtram Maatscappij.
BACA JUGA:Anabul Kurus? Ini Makanan Kucing dengan Kandungan Ini yang Bisa Dicoba
Keberadaan jalur sepanjang 48,6 kilometer ini mulai dibuka pada 29, Desember 1901 dan ditutup pada 22 Juli 1978.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: