5 Bagian di Kebun Raya Kuningan yang Perlu Diketahui, Ada 3 Area Konservasi Paling Menarik Dikunjungi

5 Bagian di Kebun Raya Kuningan yang Perlu Diketahui, Ada 3 Area Konservasi Paling Menarik Dikunjungi

Area konservasi dan bagian menarik dari Kebun Raya Kuningan. -Herwidi Andini-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Jika ingin berkunjung ke Kebun Raya Kuningan (KRK) perlu memetakan terlebih dahulu kawasannya. Ada 5 bagian atau area di Kebun Raya ini yang perlu diketahui.

Semua area memang dibuat menarik. Tetapi patut mencoba 3 area konservasi di KRK yang layak dan menarik untuk dikunjungi.

Memetakan wilayah di KRK sangat penting. Sebab kawasan tersebut sangat luas. Yang mencaoai 171 hektar.

Bukan itu saja. KRK yang terletak di Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan, Kuningan ini, lokasinya sangat terpencil.

BACA JUGA:Mengetahui Umur Kucing Betina Untuk Siap Masa Kawin, Kenali Tanda-Tandanya!

Jarak KRK dari ibu kota kabupaten lumayan jauh, sekitar 43 km. Sekarang jaringan jalan dan transportasi umum menuju KRK cukup terbatas. Hal ini sedikit menyulitkan untuk menjangkau kawasan ini.

Bila berkunjung ke area KRK, bisa ditemui bekas jalan yang untuk megangkut kayu yang cukup lebar. Jalan ini dibuat oleh mantan pemegang HGU.

Juga ada jalan-jalan setapak yang dibuka oleh masyarakat untuk menuju ke kebun-kebun mereka. Jalan-jalan itu bisa menuju kawasan KRK.

Ada banyak pemancar televisi jika menuju ke kawasan tersebut. Tepatnya di Desa Padabeunghar. Salah satunya adalah pemancar milik Radar Cirebon Televisi (RCTV).

BACA JUGA:Praktis! Begini Cara Mengolah Ikan untuk Dijadikan Makanan Kucing

KRK sekarang sudah menjadi obyek wisata alam utama Kuningan. Bahkan sudah menjadi destinasi ecotourism yang strategis untuk sekarang dan yang akan datang.

Utamanya karena berdampingan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Tama nasional ini memiliki keanekaragaman hayati tinggi dan membentuk bentang alam perbukitan yang indah.

Batu-batuan, diantaranya cukup besar. Ada di lokasi yang artistik. Hal ini membentuk KRK dan sekitarnya memiliki karakter dan keunikan tersendiri.

Kecamatan Pesawahan yang berada di sekitar kawasan tersebut, menambah pula daya tarik KRK sebagai objek wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: