Tanpa Perlawanan, Petugas UPT Damkar Kuningan Evakuasi Biawak dari Rumah Warga Purwasari

Tanpa Perlawanan, Petugas UPT Damkar Kuningan Evakuasi Biawak dari Rumah Warga Purwasari

Warga memperlihatkan biawak yang berhasil ditangkap petugas UPT Damkar Kuningan di rumah warga Purwasari, Garawangi, Kamis malam 23 November 2023.--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Petugas UPT Damkar Kuningan berhasil melakukan evakuasi seekor biawak hasil tangkapan warga. Hewan berkaki empat tersebut sebelumnya ditangkap warga setelah masuk ke dalam rumah.

Biawak itu dievakuasi dari warga Dusun Manis RT05 RW03, Desa Purwasari, Kecamatan Garawangi, Kamis malam 23 November 2023 pukul 20.32. Proses evakuasi biawak ooeh petugas pemadam kebakaran yang dikirimkan ke lokasi berjalan lancar. 

BACA JUGA:Angkat Tema Anime, Skutik Classy Yamaha Jadi Daya Tarik di Event Jak-Japan Matsuri 2023

Kepala UPT Damkar Kuningan, Mh Khadafi menceritakan kronologis penangkapan biawak tersebut.

Menurut pejabat yang promosi menjadi Kabid Parkir di Dinas Perhubungan tersebut, awalnya seorang warga Purwasari, H Edi melihat seekor biawak mendekati pintu rumahnya.

Saat itu, saksi sedang duduk santai di teras rumahnya. Tak berapa lama, dia dikejutkan dengan munculnya seekor biawak dari arah bagian depan rumahnya.

Tanpa rasa takut, hewan sejenis kadal besar itu berjalan mendekati pintu depan rumah H Edi.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Makin Menggeliat, Cirebon Raya Bisa Jadi Pusat Pariwisata Jawa Barat, Benny Bachtiar Yakin

"Kemudian saksi menggiring biawak ke arah kamar mandi. Setelah biawak masuk kamar mandi, Pak Edi mengurungnya dengan cara mengunci pintu kamar mandi. Saksi lalu minta bantuan tetangga untuk menangkapnya. Karena takut biawak lepas lagi, warga melaporkannya ke Kantor UPT. Damkar," terang Khadafi, Kamis malam 23 November 2023.

Pihaknya kemudian mengirimkan 2 orang anggota dari Regu 3 UPT Pemadam Kebakaran dan 1 Randis KR2 Damkar untuk menangkap biawak yang dikurung di kamar mandi. 

Tanpa perlawanan, binatang mirip kadal tersebut takluk di tangan petugas Damkar yang menangkapnya. Selanjutnya hewan itu dibawa petugas untuk diamankan.

BACA JUGA:Jadwal Penerbangan Bandara Kertajati Hari Ini, Bali Paling Favorit, Cek Rute Lainnya di Sini

"Jika masyarakat membutuhkan bantuan darurat, silakan hubungi nomor hotline servis UPT Damkar Kuningan. Kami akan langsung menindaklanjuti laporan atau permohonan bantuan darurat dari masyarakat," imbau Khadafi.

Dalam kesempatan itu, Khadafi juga mohon pamit dari aktivitas pemadam kebakaran karena akan menempati posisi baru sebagai Kabid Parkir di Dinas Perhubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: