Bandung Bondowoso Versi Digital, Bangun Candi Prambanan di Minecraft Hardcore, Tanpa Bantuan Jin

Bandung Bondowoso Versi Digital, Bangun Candi Prambanan di Minecraft Hardcore, Tanpa Bantuan Jin

Candi Prambanan yang dibangun Baww di Minecraft-Baww/Tangkapan layar Youtube-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Pembangunan Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta dikaitkan dengan kisah legenda Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.

Di dunia digital, kisah tersebut dicoba diulang oleh seorang digital creator yakni Baww yang membangun Candi Prambanan di Minecraft Hardcore.

Kini, Baww sedang mengusung misi membangun bangunan bersejarah di Indonesia dalam versi virtual, setelah sebelumnya menuntaskan pembangunan Candi Borobudur di Minecraft Survival.

Dalam pembangunannya, Baww  mengusung 3 aturan. Sehingga dia mengerjakan segala sesuatunya dengan manual di platform minecraft.

BACA JUGA:Bandung Bondowoso Versi Digital, Bangun Candi Borobudur dalam 100 Jam di Minecraft Survival

Aturan 1, wajib mengumpulkan block secara manual. Aturan 2, menaruh blok secara manual satu per satu. Aturan 3 membangun candi dengan skala sesuai ukuran asli di dunia nyata.

Sebelum membangun candi tersebut, Baww harus mempersiapkan lokasi dengan menghancurkan sebuah gunung dengan menggunakan TNT yang diproduksi manual.

Kemudian berjam-jam untuk grinding block, dan berhari-hari membangun satu per satu candi. "Kalian akan melihat gw menderita di video ini," sebut dia.

Candi Prambanan di Minecraft Hardcore dibuat dengan dimensi 308 x 308 block. Sehingga membutuhkan setidaknya 98 ribu block.

BACA JUGA:Cara Tepat Meletakkan Tanaman Janda Bolong Sebagai Dekorasi Pembawa Keberuntungan di Rumah

Dalam pengerjaan bagian base butuh waktu 14 jam hanya untuk menyusun dirt block. Tapi, itu bagu di bagian base. Pad abangunan asli, terdapat 240 candi besar dan kecil di komplek Candi Prambanan.

Saat ini hanya tersisa 18 canti yakni 8 candi utama, 8 canti kecil di zona inti dan 2 candi perwara.

Tantangan lain adalah membuat bentuk-bentuk batu dalam berbagai jenis variasi. Oleh karena itu, Baww harus membangun beberapa fasilitas.

Yakni membangun fasilitas produksi batu, smelter untuk batu dan stone brick slab atau pemotong block batu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: