Jalan Baru Cipari-Cisantana Mulus Banget, Diresmikan Satu Hari Sebelum Bupati Kuningan Lengser Keprabon

Jalan Baru Cipari-Cisantana Mulus Banget, Diresmikan Satu Hari Sebelum Bupati Kuningan Lengser Keprabon

Pengerjaan jalan baru Cipari-Cisantana oleh rekanan sudah tuntas 100 persen dan akan diresmikan bertepatan dengan Hari Pekerjaan Umum tanggal 3 Desember 2023. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM - Kabupaten Kuningan kembali memiliki jalan baru yang menawarkan pemandangan ciamik dan mempesona. Namanya jalan wisata Cipari-Cisantana dengan panjang 2,2 kilometer.

Jalan baru ini anggaran pembangunannya berasal dari program Inpres APBN sebesar Rp23 miliar. Perusahaan yang mengerjakan adalah PT Mahakarya Limac dari Jakarta.

Lebar jalan ini yakni 7 meter sehingga kendaraan besar seperti bus bisa saling berpapasan tanpa harus salah satunya berhenti memberikan jalan.

Kelebihan dari jalan wisata ini adalah sepanjang jalan menuju kawasan wisata Palutungan itu belum banyak bangunan berdiri. Hanya ada hutan dan ladang milik penduduk setempat.

BACA JUGA:Pinggir Jalan Ciniru-Japara Dipenuhi Gadriel, Situ Caracas Jalintim Tetap Tidak Dipasang Pagar Besi Pengaman

Sehingga suasananya masih asri dan sejuk dipandang mata. Jalan baru ini juga digadang-gadang menjadi jalan wisata bagi wisatan yang ingin rekreasi ke Palutungan.

Dari segi pengerjaan, jalan baru sudah selesai 100 persen. Tinggal pemasangan lampu penerangan jalan umum dan juga rambu-rambu lalulintas.

Pihak kontraktor sendiri sudah selesai melakukan overlay permukaan atas atau hotmik lapis dua.

Saat ini bahu kiri dan kanan jalan yang dipasang batu kasar sedang dipadatkan oleh para pekerja supaya tidak terbawa arus deras ketika turun hujan.

BACA JUGA:Pengalaman Terbang di Bandara Kertajati dan Perjalanan dari Pasteur, Perbandingan Mobil Pribadi dan Umum

Bahu jalan wisata ini semua direncanakan dicor beton namun urung dilakukan karena ada lobi-lobi supaya bisa dialihkan ke tempat lain.

Yakni adanya permintaan dari Pemkab Kuningan supaya dialihkan untuk pengaspalan ruas jalan lama Cigugur-Cisantana sepanjang 1,4 kilometer.

"Awalnya direncanakan bahu jalan itu dicor beton tapi enggak jadi karena ada permintaan dari pemkab untuk overlay di bagian barat jalan wisata. Akhirnya sepakat overlay di ruas jalan itu yang panjangnya mencapai 1,4 kilometer. Ada anggaran tambahan dari pusat Rp2 miliar," terang Asep Supriadi, KTU PJN Wilayah 3.4 Jawa Barat.

Karena itu, lanjut dia, bahu jalan dipadatkan agar batu yang sudah terpasang tidak terbawa oleh derasnya air hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: