5 Jalan Baru di Kabupaten Kuningan, Sudah Bangun Lebih dari 25 Kilometer, Habis Ratusan Miliar

5 Jalan Baru di Kabupaten Kuningan, Sudah Bangun Lebih dari 25 Kilometer, Habis Ratusan Miliar

Pembangunan jalan baru di Kabupaten Kuningan kini sudah mencapai 5 jalan lingkar. -Google Street View/Ist-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Kabupaten Kuningan telah melakukan pembangunan infrastruktur jalan lingkar besar-besaran untuk menunjang mobilitas dan membuka akses ke daerah yang semula masih belum memiliki akses representatif.

Menariknya, pembangunan jalan baru di Kabupaten Kuningan lebih banyak didanai oleh APBN melalui Kementerian Pekerjaan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) hingga APBD Provinsi Jawa Barat.

Pembangunannya sudah dimulai dari era Bupati Kuningan, Hj Aang Hamid Suganda yang diteruskan oleh penerusnya yakni Hj Utje Hamid Suganda dan Acep Purnama.

Kendati demikian, pembangunan jalan lingkar tersebut masih belum berhenti. Yang terbaru adalah jalan lingkar Timur Selatan.

BACA JUGA:Nasib Babi Hutan di Gunung Ciremai, Masih Dianggap Satwa Pengganggu, Bisa Cegah Macan Tutul Masuk Kampung

Hingga tahun 2024 ini, Kabupaten Kuningan sudah memiliki 5 jalan lingkar baru dengan panjang lebih dari 25 kilometer. 

Yakni, Jalan Baru Lingkar Timur (Jalintim), Jalan Baru Cipari Cisantana, Jalan Lingkar Dalam Kota, Jalan Lingkar Timur Selatan, hingga Jalan Lingkar Bendungan Kuningan.

Untuk Jalan Baru Lingkar Timur Selatan saat ini sedang dalam tahap lelang dengan rencana pembangunan pada akhir Desember 2024.

Berikut adalah jalan baru yang telah dan sedang dibangun di Kabupaten Kuningan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA:Sebaiknya Kucing Makan Berapa Kali Sehari? Simak Penjelasannya Supaya Tidak Asal-asalan!

1. Jalan Baru Lingkar Timur

Panjang jalan lingkar timur (jalintim) lebih dari 13,5 kilometer. Pembangunannya memakan waktu bertahun tahun lintas tiga bupati. Jalan ini digagas oleh almarhum Bupati H Aang Hamid Suganda.

Kemudian dilanjutkan oleh almarhum Hj Utje Hamid Suganda dan Acep Purnama. Pembangunannya memakan waktu cukup panjang, karena benar-benar membuka akses baru.

Jalintim dibagi empat tahap pembangunan. Yakni Sampora-Caracas, Caracas-Panawuan, Panawuan-Garatengah dan Garatengah-Ancaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: