5 Jalan Baru di Kabupaten Kuningan, Sudah Bangun Lebih dari 25 Kilometer, Habis Ratusan Miliar

5 Jalan Baru di Kabupaten Kuningan, Sudah Bangun Lebih dari 25 Kilometer, Habis Ratusan Miliar

Pembangunan jalan baru di Kabupaten Kuningan kini sudah mencapai 5 jalan lingkar. -Google Street View/Ist-radarkuningan.com

Ruas Jalan Sampora – Caracas -Panawuan itu, membentang sepanjang lebih kurang 3,7 Kilometer diawali tahun 2007. Tuntas pembangunannya tahun 2015 oleh Pemkab Kuningan.

BACA JUGA:Punya 9 Nyawa? Ini Keistimewaan Kucing Yang Wajib Kamu Ketahui! Simak Penjelasannya

Kemudian lanjutannya dibangun sepanjang 2,6 kilometer sampai ke Garatengah dilakukan Pemprov Jabar dengan anggaran Rp 30 miliar.

Pembangunan dimulai tahun 2016. Lalu proyek Jalan Lingkar Timur Kuningan dilanjutkan menggunakan anggaran APBN senilai Rp97,3 miliar.

Total panjang 7,24 km yang dibangun Kementerian PUPR, terdapat pembangunan jembatan sepanjang 50 meter. Proyek ini selesai tahun 2021.

Pembangunan jalan ini membuka akses masyarakat. Jalan yang menghubungkan Desa Kedungarum, Kecamatan Kuningan dengan Terminal Bus Desa Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung diresmikan saat Bupati Kuningan dijabat Almarhum H Aang Suganda, sekitar dekade tahun 2000 an.

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Penghasil Oksigen di Kamar Tidur, Udara Lebih Segar dan Bersih

Anggaran pembangunan ini berasal dari pemerintah pusat. Saat ini di ruas jalan baru Kedungarum sudah banyak berdiri perkantoran pemerintah daerah, gedung sejumlah organisasi, perumahan, toko-toko dan gedung perusahaan.

Keberadaan akses jalan ini, terbukti dapat memecah kepadatan di Jalan Utama Cirebon - Kuningan. Terutama pada momen liburan dan arus mudik - balik Idul Fitri.

2. Jalan Baru Bendungan Kuningan

Jalan ini membentang dari Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum dan berakhir di Desa Simpayjaya, Kecamatan Karangkancana. Dampak dari terbukanya ruas jalan ini berdampak terhadap waktu tempuh warga.

BACA JUGA:Ini Nih Tempat Persembunyian Yang Disukai Ular Di Rumah, Jangan Sampai Rumahmu Disukai Oleh Ular

Uniknya, jalan ini melipir di sisi Bendungan Kuningan. Di sepanjang jalan baru Bendungan Kuningan ini juga menawarkan keindahan alam.

3. Jalan Lingkar Timur Selatan

Panjang jalan yakni 9,3 kilometer dengan anggaran Rp 90 miliar di tahap pertama. Diperkirakan akan tuntas pada Desember 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: