Ternyata Mudah Lho Caranya, Yuk Simak 6 Cara Usir Tikus Dari Plafon Rumah

Ternyata Mudah Lho Caranya, Yuk Simak 6 Cara Usir Tikus Dari Plafon Rumah

cara usir tikus dari plafon rumah-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Kehadiran hewan hama di rumah seperti tikus adalah salah satu hal yang membuat kebanyakan orang menjadi jengkel.

Melansir situs resmi kementerian kesehatan tikus merupakan hewan kosmopolitan (menempati hampir di semua habitat), yang dapat ditemukan baik di lingkungan rumah, hutan, hingga lingkungan berair.

Aktivitas tikus biasanya bertujuan untuk mencari makan, minum, orientasi, dan mencari pasangan. Kebutuhan yang sering didapatkan tikus di lingkungan rumah adalah sumber pakan, tempat bersarang, dan tempat berlindung. 

Tikus seringkali bersembunyi atau bersarang di tempat yang tidak terjangkau oleh manusia, salah satu tempat yaitu plafon atau atap rumah, ada beberapa cara usir tikus dari plafon rumah.

BACA JUGA:Buat Tikus Kapok Masuk Rumah, Ini Dia 5 Cara Praktis Mengusir Tikus Dari Rumah

Beberapa cara ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa repot repot.

Berikut 6 Cara Usir Tikus Dari Plafon Rumah

1.Identifikasi titik masuk tikus

Langkah pertama untuk mengusir tikus adalah dengan mengidentifikasi titik masuknya. Tikus dapat masuk ke dalam rumah melalui celah-celah kecil dan lubang pada dinding atau atap. Periksa dengan hati-hati dinding dan atap apakah ada celah atau lubang yang bisa dimasuki tikus.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Wildlife Research, tikus sering kali menggunakan ruang yang sangat kecil untuk memasuki bangunan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa setiap celah kecil dan menutupnya rapat-rapat untuk mencegah masuknya tikus.

2.Memasang perangkap tikus

Perangkap tikus merupakan cara yang efektif untuk menangkap tikus yang menempel di langit-langit. Ada banyak jenis perangkap tikus, mulai dari perangkap hidup hingga perangkap lem. Tempatkan perangkap tikus di dekat pintu masuk tikus atau di tempat lain yang sering dikunjungi tikus.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pest Management Science, penggunaan perangkap tikus terbukti efektif mengurangi jumlah tikus di rumah. Ingatlah untuk memeriksa perangkap secara teratur dan melepaskan tikus yang tertangkap atau melakukan eutanasia dengan aman.

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Praktis Membuat Tikus Kabur Dari Rumah Dengan Bahan Dapur, Yuk Simak Selengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: