Bahaya Sirih Gading, Tanaman Hias Cantik yang Bisa Meracuni Hewan Peliharaan Kesayangan

Bahaya Sirih Gading, Tanaman Hias Cantik yang Bisa Meracuni Hewan Peliharaan Kesayangan

Tanaman sirih gading beracun untuk hewan peliharaan. -Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Pecinta tanaman hias tentunya tidak asing lagi dengan sirih gading yang memiliki nama latin epipremnum aureum.

Tanaman hias sirih gading menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati untuk ditanam di rumah, karena punya nilai estetika juga kemampuannya dalam menyerap polusi sehingga membuat udara jadi lebih bersih.

Tanaman sirih gading  tumbuh dengan ciri khas daun berwarna hijau muda cerah dengan ditambah adanya sentuhan warna kuning. daun tanaman sirih gading akan terlihat mengkilap ketikai tumbuh dengan sehat.

Namun tahukah anda? Di balik daun sirih gading yang indah, ternyata tanaman hias satu ini termasuk kedalam jenis tanaman beracun.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Sudah Layani 49.689 Orang, Keterisian Penumpang Pesawat Rata-rata 70 Persen

Pada bagian daun dan batang sirih gading ternyata mengandung racun yang bernama kristal kalsium oksalat.

Dengan racun yang terdapat pada sirih gading tersebut, tentunya menjadi suatu hal yang perlu menjadi perhatian, terutama bagi anda yang mempunyai hewan peliharaan kesayangan seperti anjing dan kucing

Tanaman hias sirih gading dapat berbahaya jika sampai termakan oleh hewan kesayangan anda, karena dapat menyebabkan keracunan pada hewan peliharaan.

Mengutip dari A-Z animals dijelaskan bahwa terdapat tanda-tanda kucing atau anjing kesayangan anda telah keracunan tanaman sirih gading, diantaranya: 

BACA JUGA:7 Cara Merawat Kucing Baru Lahir Tanpa Induk supaya Tumbuh dengan Baik dan Sehat

1. Air liur kucing atau anjing akan keluar berlebihan. 

2. Pada daerah mata, mulut, lidah, serta hidung akan mengalami Iritasi/bengkak.

Hewan kesayangan anda juga mungkin mengalami muntah atau diare, bahkan Jika sirih gading tertelan akan mengakibatkan  iritasi dan pembengkakan pada saluran pencernaan hewan. 

Lalu bagaimana langkah yang tepat jika anjing kesayangan Anda menelan tanaman berbahaya? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: