Ternyata Mudah Lho, Berikut 2 Cara Mengembangbiakan Tanaman Sirih Gading Sendiri di Rumah

Ternyata Mudah Lho, Berikut 2 Cara Mengembangbiakan Tanaman Sirih Gading Sendiri di Rumah

cara mengembangbiakan tanaman sirih gading-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM-  Tanaman sirih gading adalah Tanaman yang hidupnya merambat dan mempunyai banyak manfaat.

Salah satu manfaat yang sering di gunakan adalah untuk mengatasi mimisan, anda dapat mengambil daun sirih, digulung dan dimasukkan kedalam lubang hidung yang keluar darah /mimisan, biasanya dalam beberapa saat darah akan perlahan-lahan akan berhenti keluar. 

Ternyata cara mengembangbiakan tanaman sirih gading tidaklah sulit, tanaman ini dapat tumbuh di pekarangan rumah ataupun kebun.

Sebagai tanaman obat, sirih gading memiliki sifat sebagai anti septik mampu membunuh jamur patogen. Orang-orang tua dulu, daun sirih sering dikunyah istilahnya makan sirih atau nyirih, dan terbukti gusi dan gigi mereka sehat dan kuat.

BACA JUGA:Sirih Gading Jadi Tanaman Hias Cantik yang Mudah di Tanam dan di Budidayakan, Begini Caranya!

Sirih Gading juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuatan pestisida nabati (pesnab). Berfungsi untuk mengendalikan berbagai jamur/cendawan yang menyerang tanaman pertanian.

Pada pandemi Covid-19 yang lalu, sirih gading juga bisa dipakai sebagai salah satu bahan dalam pembuatan hand sanitizer sederhana.

Sirih gading dapat dikembang biakkan dengan cara cangkok atau stek, tetapi perlu dipersiapkan bahan dan alat agar dapat berhasil dengan baik.

Sebab banyak juga orang mengatakan perbanyakan sirih cukup sulit dan sering gagal, namun jangan khawatir di bawah ini akan di jelaskan lebih rinci cara untuk mengembangbiakan tanaman sirih gading.

BACA JUGA:Mitos Tanaman Sirih Gading, Pemiliknya Bisa Tertimpa Sial dan Rezeki Seret?

Berikut 2 Cara Mengembangbiakan Tanaman Sirih Gading di Rumah

1. Lakukan dengan cara mencangkok

Bahan- bahan yang diperlukan sama seperti mencangkok tanaman pada umumnya. Seperti lembaran plastik, tali rafia untuk mengikat, serabut kelapa, tanah subur/humus atau kompos.

Sebelum mencangkok terlebih sdahulu pilih sulur atau percabangan sirih yang tumbuhnya subur/aktif dan ada tumbuh banyak akar rambat atau akar lekat pada buku-buku antar ruasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: