Sudah 7 Individu Terpotret Kamera, Macan Tutul Jawa Gunung Ciremai Makin Eksis

Sudah 7 Individu Terpotret Kamera, Macan Tutul Jawa Gunung Ciremai Makin Eksis

Populasi macan tutul jawa di Gunung Ciremai ada indikasi penambahan. -Tim Matul BTNGC-radarkuningan.com

BACA JUGA:Keruing, Pohon Langka Bisa Jadi Obat Ini, Dapat Ditemukan di Gunung Ciremai, Lokasinya Dirahasiakan?

"Ini perlu waktu karena harus dicek apakah individu yang berbeda atau sama. Kita bandingkan pola tutul dan lainnya," kata dia, belum lama ini.

Sementara itu, Kepala BTNGC, Maman Surahman mengungkapkan, Gunung Ciremai memiliki 3 satwa kunci yang menjadi prioritas. Yakni, macan tutul jawa, elang jawa dan surili.

Terdeteksinya individu macan tutul jawa di Gunung Ciremai tentu menjadi kabar baik untuk upaya konservasi. Apalagi satwa mangsa juga relatif banyak.

Karena itu, Maman mengungkapkan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah perbaikan habitat. Kemudian satwa mangsa.

BACA JUGA:Mengenal Sunan Cirebon, Titik Tertinggi di Puncak Gunung Ciremai Ternyata Ada di Lokasi Ini

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perburuan satwa mangsa seperti kijang, babi hutan dan lainnya. Sebab, hal ini akan mengganggu ekosistem.

Bila satwa mangsa terus diburu, tentu yang dikhawatirkan adalah predator turun ke daerah sekitar permukiman penduduk untuk mencari makan.

Kendati secara jumlah ada indikasi penambahan individu macan tutul jawa di Gunung Ciremai, Maman menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir. 

Sebab, keberadaan macan tutul tersebut ada di zona rimba yang jauh dari permukiman penduduk maupun jalur pendakian. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: