3 Olahraga Ringan Untuk Lansia, Menjadi Pilihan Dalam Aktivitas Kesehatan Dan Kebugaran

3 Olahraga Ringan Untuk Lansia, Menjadi Pilihan Dalam Aktivitas Kesehatan Dan Kebugaran

Olahraga ringan untuk manula atau lansia.-halodoc.com-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM-Olahraga merupakan kegiatan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, bukan saja orang muda namun lasia juga dapat melakukannya dengan tujuan terhindar dari penyakit yang sering dialami lansia.

Dengan olahraga dapat meningkatkan kemampuan dan kekuatan fisik sehingga di waktu lanjut usia pun dapat melakukannya. Lansia yang kurang olahraga dapat beresiko terkena masalah kesehatan. 

Oleh sebab itu, untuk menghindari penyakit sendi atau totot, tekanan darah tinggi, diabetes dan pikun, lansia dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin.

Artikel ini akan membahas mengenai olahraga ringan untuk manula atau lansia di rumah, namun dalam gerakannya tentu akan berbeda dengan orang muda alias lebih dibatasi, berikut ini jenis olahraga yang dapat dilakukan lansia:

BACA JUGA:Rentetan Gempa Bumi Hari Ini Dimulai dari Sukabumi, Kuningan Lalu ke Pangandaran

1.Olahraga Jalan Cepat

Salah satu jenis aerobik yang lebih rendah dibandingkan dengan joging ini menjadi salah satu olahraga yang pas untuk lansia yaitu jalan cepat. 

Dengan fungsi dapat meningkatkan detak jantung dan kemampuan otot sehingga akan memberikan kesehatan bagi lansia.

Namun, lansia memiliki keterbatasan dalam bergerak, oleh karenanya jika lutut sudah merasa lelah jangan dipaksakan.

Olahraga jalan cepat ini sangat disarankan karena mudah diikuti oleh lansia, sehingga menjadi solusi agar lansia dapat beraktivitas dengan aktif.

BACA JUGA:Menanam Sirih Gading di Kolam Ikan, Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Ikan

2.Olahraga Peregangan

Olahraga peregangan dapat dilakukan setiap hari karena hal tersebut menjadi sangat penting dalam menjaga kondisi otot lansia yang semakin mengendur, sehingga otot akan lebih kencang dibanding tidak melakukan peregangan.

Peregangan ini dapat dilakukan pada bagian persendian, dapat dilakukan dengan rutin memiliki fungsi agar sendi tidak kaku, diantaranya: peregangan seperti di lutut,perut, lengan, pinggang, betis, dan bahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: